sign up SIGN UP

LIFE

Waspada Imun Tubuh Lagi Menurun, Berikut Tanda-tandanya & Cara Mengatasi

Fina Prichilia | Minggu, 18 Jul 2021 15:00 WIB
Waspada Imun Tubuh Lagi Menurun, Berikut Tanda-tandanya & Cara Mengatasi
Tanda imunitas tubuh lagi menurun. /Foto: freepik.com
Jakarta -

Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, pasti kamu sudah sering mendengar akan pentingnya menjaga imunitas tubuh. Tujuannya supaya kita tidak mudah terjangkit penyakit, terlebih dari paparan virus covid-19.

Untuk itu, kita perlu waspada kalau tubuh justru lagi menunjukkan imunitas yang sedang menurun. Apa saja?

Tanda Imun Tubuh Lagi Menurun

Menyebabkan Demam dan FluFlu, pertanda sistem imun sedang lemah. /Foto: freepik.com

Sakit Kepala


Umumnya sistem imun menurun karena tingkat stres jangka panjang. Imbasnya, kamu merasa sakit kepala beberapa hari belakang ini.

Pilek


Pilek atau salesma menjadi tanda sistem imun tubuh lagi menurun. Demikian menurut dokter sekaligus ahli imunologi, Heather Monday, seperti yang dikutip dari laman Mind, Body, Green. Biasanya juga masyarakat kita menganggapnya 'masuk angin', Beauties.

Gangguan Pencernaan


Kamu merasa sudah makan dengan benar, tapi perut memberikan reaksi diare, kembung, susah pup, maupun kram? Ini pun pertanda sistem imun sedang lemah.

InsomniaInsomnia / Foto: Pexels.com

Susah untuk Bangun Tidur


Bukan malas, hanya saja kamu merasa susah untuk bangun tidur, atau bisa juga sebaliknya. Terjaga sepanjang hari. Ini merupakan respons tubuh bahwa kamu lagi kelelahan dan juga jadi tanda kalau sistem imunitas tubuh sedang menurun.

Nyeri pada Sendi


Dikutip dari Health Shots, bila sistem imun lagi menurun dalam waktu lama, maka akan muncul peradangan dalam pembuluh darah akibat infeksi, maupun gangguan autoimun. Tandanya, kamu akan mengalami nyeri sendi yang berulang.

Timbul Masalah pada Kulit


Kalau sistem imun lagi menurun, tak jarang akan muncul beberapa masalah di kulit seperti reaksi alergi, eksim, infeksi jamur, maupun virus.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id