sign up SIGN UP

LIFE

Waspada! Ini Dia 5 Faktor yang Bisa Membuat Gigi Menjadi Kuning

Rumaysha Milhania | Sabtu, 18 Apr 2020 03:00 WIB
Waspada! Ini Dia 5 Faktor yang Bisa Membuat Gigi Menjadi Kuning
caption
Gigi kuning membuatmu kehilangan rasa percaya diri? Yuk, simak 5 faktor yang menjadi penyebab gigi kuning berikut ini.

Meskipun tidak membahayakan seperti masalah gigi lainnya, gigi kuning dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri dan keinginan untuk tersenyum setiap hari. Meskipun saat ini sudah ada beragam alternatif perawatan gigi untuk memutihkan warna gigi yang kuning, mengantisipasi gigi kembali menguning dengan cepat perlu kamu lakukan. Nah, agar tidak salah, pahami 5 faktor penyebab gigi kuning yang harus kamu tahu berikut ini.



1. Genetika
 


Foto: https://www.waltercdukesdds.com/


Pada sebagian orang, gigi dengan warna kuning bukanlah hasil dari kebiasaan tertentu yang dilakukannya, melainkan karena faktor genetika yang terjadi turun temurun. Jika salah satu gigi orang tuamu berwarna kuning, ada kemungkinan gigimu juga akan berwarna sama. Coklat kemerahan, kuning kemerahan, dan abu-abu kemerahan adalah empat warna alami dari gigi putih. Nah, pada kedalaman warna-warna ini terdapat spektrum dari terang ke gelap yang menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan.
 



2. Merokok
 


Foto: https://reenchungdds.com/


Nikotin dari rokok tidak hanya mengembangkan kecanduan yang tidak sehat. Zat ini juga akan meninggalkan noda kekuningan atau kecoklatan pada gigi. Itulah sebabnya, kebiasaan merokok harus segera dihentikan karena berdampak serius terhadap tampilan gigi yang indah dan sehat.  
 



3. Makanan
 


Foto: https://www.drsmiles.com/


Berbagai macam makanan dapat memberikan pengaruh pada warna kuning pada gigi. Misalnya, tomat dalam saus pasta, bumbu kari, serta buah beri adalah bahan makanan yang mengandung pigmen yang dapat menempel pada enamel gigi. Rutin mengonsumsi makanan ini dapat menodai permukaan gigi hingga menyebabkan warnanya menjadi kuning. Bahkan salad sehat yang dimakan dengan saus cuka balsamic juga meninggalkan warna yang tidak enak dipandang pada gigi.
 



4. Minuman
 


Foto: https://www.thehealthsite.com/


Kopi dan teh adalah dua minuman yang menjadi konsumsi harian banyak orang. Namun, tahukah kamu jika kedua minuman ini adalah yang paling sering menjadi penyebab gigi kuning. Selain itu, beberapa minuman beralkohol seperti wine dan beer juga dapat menjadi penyebab gigi yang menguning. Bahkan, soda dan minuman olahraga dengan perasa buatan juga dapat menguningkan gigi.
 



5. Antibiotik
 


Foto: https://myteeth.co.za/


Terakhir, asupan antibiotik tetrasiklin ternyata juga dapat menodai gigi saat berkembang di gusi. Berdasarkan data dari National Intitutes of Health, ibu hamil yang minum antibiotik pada trimester kedua kehamilannya dapat menyebabkan bayi yang lahir tumbuh dengan gigi yang berwarna kekuningan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id