sign up SIGN UP

Yuk, Contek 5 Program Diet Jika Ingin Tubuh yang Ideal

Intan Dwi | Senin, 08 Mar 2021 19:45 WIB
Yuk, Contek 5 Program Diet Jika Ingin Tubuh yang Ideal
caption

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengubah pola makan. Tetapi dengan banyaknya rencana diet yang ada mungkin menyulitkan kamu untuk memulainya. Karena kamu merasa tidak yakin mana yang paling cocok, berkelanjutan dan efektif untuk kamu.

Beberapa diet ada yang bertujuan untuk membatasi nafsu makan, mengurangi asupan makan dan membatasi asupan kalori dan karbohidrat atau lemak. Terlebih program diet yang ada menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan selain menurunkan berat badan. Berikut ini ada lima program diet yang bisa kamu contek untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat.

Diet Karbo

Bagi mereka yang melakukan diet ini harus mengurangi karbohidrat lebih drastis daripada diet yang lain. Diet karbo ini membatasi asupan karbohidrat demi protein dan lemak.
Diet karbo/freepik.com

Diet karbo merupakan salah satu program diet yang paling populer untuk menurunkan berat badan. Bagi mereka yang melakukan diet ini harus mengurangi karbohidrat lebih drastis daripada diet yang lain. Diet karbo ini membatasi asupan karbohidrat demi protein dan lemak.

Tapi mereka yang melakukannya biasanya lebih tinggi asupan protein daripada lemak, karena protein dapat membantu membatasi nafsu makan, meningkatkan metabolisme dan menguatkan massa otot. Karena membatasi asupan karbohidrat,  tubuh akan menggunakan asam lemak untuk energi dengan mengubahnya menjadi keto.

Selain membantu menurunkan berat badan, diet ini juga menawarkan banyak manfaat lainnya seperti mengurangi resiko penyakit jantung, kolesterol tinggi dan tekanan gula darah.

Diet Plant Based

Diet plant based atau diet nabati merupakan pola makan yang hanya mengonsumsi sebagian besar dengan sayuran.
Diet Plant Based/freepik.com

Diet plant based atau diet nabati merupakan pola makan yang hanya mengonsumsi sebagian besar dengan sayuran. Mereka yang melakukan diet ini juga disebut, vegetarian dan veganisme yang membatasi produk hewani karena alasan kesehatan, etika dan lingkungan.

Diet plant based yang fleksibel juga ada, yaitu diet nabati yang masih memakan produk hewani tetapi dalam jumlah sedikit atau sedang. Tetapi bagi mereka yang benar-benar vegetarian, mereka membatasi semua produk hewani, seperti, susu, madu bahkan telur.

Jadi sebagian besar mereka yang melakukan diet ini mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Diet One Meal a Day (OMD)

Diet ini meminta kamu untuk berkomitmen mengonsumsi makanan nabati dalam satu hari tanpa harus mengorbankan makanan favorit kamu.
Diet One Meal a Day (OMD)/freepik.com

Ini merupakan salah satu program diet yang populer setelah salah satu artis, Oprah Winfrey, sukses melakukan diet ini. Selain dapat menurunkan berat badan, diet ini juga sehat karena ampuh mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan obesitas.

Program diet ini juga cocok buat kamu yang super sibuk karena tidak menyita waktu dan tidak menyiksa kamu. Diet ini meminta kamu untuk berkomitmen mengonsumsi makanan nabati dalam satu hari tanpa harus mengorbankan makanan favorit kamu.

Makanan yang bikin kamu lupa bahwa kamu sedang diet ada smoothie, spaghetti bolognese vegan, puding chia dan lainnya. Diet OMD rupanya enggak hanya menyehatkan dan memberikan efek positif untuk tubuh, tetapi juga sudah berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

Diet Paleo

Diet paleo adalah salah satu diet yang menganjurkan makan-makanan utuh seperti, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian
Diet Paleo/freepik.com

Diet paleo adalah salah satu diet yang menganjurkan makan-makanan yang sama seperti pola makan zaman prasejarah masa paleolitikum. Karena diet ini menganjurkan makan-makanan utuh, serupa dengan cara makan pada zaman itu.

Makan-makanan utuh itu seperti, buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian. Ini membatasi konsumsi makanan olahan, tetapi ada beberapa versi yang kurang ketat dalam melakukan diet ini mengizinkan beberapa produk susu seperti keju.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa diet paleo membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak perut yang berbahaya. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa diet paleo lebih mengenyangkan dibandingkan diet lainnya karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Intermitten Fasting

Intermitten fasting atau diet puasa merupakan metode untuk mengatur pola makan dengan berpuasa makan selama beberapa waktu.
Intermitten Fasting/freepik.com

Belakangan ini intermitten fasting sedang menjadi tren kesehatan untuk program diet. Karena diklaim dapat menyebabkan penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan metabolisme. Intermitten fasting atau diet puasa merupakan metode untuk mengatur pola makan dengan berpuasa makan selama beberapa waktu.

Tetapi diet puasa ini bukan berarti kamu tidak makan sama sekali, kamu tetap masih bisa mengonsumsi minuman yang tanpa kalori. Intermitten fasting ini tidak mengatur makanan apa yang harus kamu kurangi dan konsumsi, tapi lebih mengatur waktu kamu mulai makan dan kapan kamu harus berhenti.

Ada berbagai metode jika kamu mau melakukan diet ini, seperti metode 16/8 artinya membatasi asupan kalori hingga 8 jam perhari dan metode 5:2 artinya membatasi asupan kalori kamu menjadi 500-600 selama 2 hari dalam seminggu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id