sign up SIGN UP

LIFE

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Yoga Beserta Manfaatnya di Sini!

Jovita | Senin, 20 Apr 2020 08:15 WIB
Yuk, Kenali Jenis-Jenis Yoga Beserta Manfaatnya di Sini!
caption
Beautynesian, yoga merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Yoga bisa jadi pilihan yang tepat di saat karantina diri guna melawan virus Covid-19, seperti saat ini. Nah, sebelum melakukan yoga, kamu perlu tahu bahwa ternyata ada banyak jenis yoga yang bisa dilakukan. Jenis yoga yang berbeda dilakukan dengan teknik yang berbeda juga. Supaya enggak salah, simak dulu yuk artikel berikut!

Apa itu yoga?


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Yoga adalah sebuah aktivitas fisik atau olahraga yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh. Yoga sudah berkembang semenjak 5-10 ribu tahun yang lalu di India. 

Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta “Yuj”, yang artinya penyatuan jiwa dan kesadaran yang tak terbatas serta jiwa dan kesadaran yang universal. Sederhananya, yoga dapat diartikan sebagai aktivitas  yang dapat membawa jiwa dan raga kembali menuju kenyataan.

Jenis-jenis yoga


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Yoga yang awalnya berasal dari India sejak 5 sampai 10 ribu tahun yang lalu. Yoga juga terus berkembang seiring waktu berjalan. Perkembangan yoga diikuti dengan perkembangan sosial dan budaya dalam masyarakat. Hingga akhirnya, kini terdapat berbagai jenis yoga, seperti berikut

        
  1. Yoga Hatha, adalah jenis yoga yang kelasnya terdiri atas kelas pengantar, postur dasar yoga, hingga teknik pernapasan. Yoga jenis ini lebih berfokus kepada aspek fisik dibandingkan mental.
  2.     
  3. Yoga Ashtanga, adalah jenis yoga yang terdiri atas 6 seri postur kuat dan cukup menantang. Yoga ini juga dilakukan tanpa henti, ini membuatnya tidak direkomendasikan bagi kamu yang memiliki otot dan sendi yang lemah.
  4.     
  5. Yoga Power, Yoga jenis ini diadaptasi dari Yoga Ashtanga tradisional pada tahun 1980-an. Bagi kamu yang menyukai olahraga penuh tantangan, silahkan coba olahraga ini karena sifatnya sangat dinamis dan menantang.
  6.     
  7. Yoga Bikram, merupakan yoga yang terdiri atas 26 gerakan dan 2 rangkaian pernapasan. Jenis yoga ini terkenal akan keunikannya yang harus dilakukan di ruangan panas dengan suhu sekitar 40,6º C dan kelembapan 40%.
  8.     
  9. Yoga Iyengar, ini adalah jenis yoga yang mengimplementasikan penggunaan benda-benda seperti selimut, tali, kursi, atau bantalan untuk membentuk postur.
  10.     
  11. Yoga Kundalini, dalam bahasa Sansekerta, “Kundalini” berarti gulungan atau menyerupai gerakan ular yang fleksibel. Jenis yoga ini menggabungan rangkaian gerakan, meditasi, dan nyanyian yang dibuat untuk membangkitkan tenaga dalam yang terletak di bagian bawah tulang belakang.

 


Berbagai manfaat yoga


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Beautynesian, dengan rutin beryoga, fokus mentalmu akan semakin terasah dan tubuh akan membuang racun keluar dari dalam tubuh. Adapun beragam manfaat yoga yang bisa kamu dapatkan, yaitu

        
  1. Membantu menyeimbangkan berat badan.
  2.     
  3. Mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi.
  4.     
  5. Dapat mengurangi stres, depresi, kesulitan tidur, dan gangguan mental lainnya.
  6.     
  7. Melancarkan pernapasan.
  8.     
  9. Menguatkan keseimbangan tubuh.
  10.     
  11. Menjaga kebugaran tubuh.
  12.     
  13. Sebagai relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.
  14.     
  15. Dapat meringankan nyeri dan cedera.
  16.     
  17. Membentuk otot pada tubuh.

Hal yang perlu diperhatikan dalam yoga


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Dalam semua jenis yoga, terdapat beberapa hal yang perlu Beautynesian perhatikan sebelum memulainya. Meskipun yoga termasuk olahraga low intensity yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang, tetapi pemula dilarang langsung mencoba gerakan-gerakan yoga ekstrim yang dapat menyebabkan cedera. Oleh karena itu, sebaiknya jika ingin berlatih, pilihlah tempat pelatihan yoga yang sesuai. Jangan mengikuti gerakan yoga melalui internet karena kamu tidak tahu gerakan apa yang tepat ataupun terlalu berat untuk dirimu.

Jika gerakan tersebut sudah diketahui, maka kamu boleh saja berlatih yoga di rumah. Selain itu, bagi Beautynesian yang sedang hamil atau memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai yoga.

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id