sign up SIGN UP

Jiglyciouss: Dear Pejuang Jerawat, Kenali Diri dan Kulit Kamu Lebih Dulu

| Jumat, 05 Nov 2021 17:30 WIB
Jiglyciouss: Dear Pejuang Jerawat, Kenali Diri dan Kulit Kamu Lebih Dulu
Jiglyciouss/ Foto: instagram.com/jiglyciouss
Jakarta -

Nama Jiglyciouss pastinya sudah tak asing lagi di telinga ya, Beauties. Khususnya bagi pecinta makeup dan beauty enthusiast, kamu pasti pernah melihat beberapa konten yang dibuat oleh perempuan bernama asli Arianti ini baik di YouTube maupun Instagram.

Sebagai salah satu acne fighter, Jiglyciouss kerap kali membuat berbagai konten yang edukatif dan menarik tentang hal tersebut. Mulai dari makeup untuk kulit berjerawat, cara mengatasi jerawat, hingga kesalahan-kesalahan yang dilakukan bagi pemilik kulit berjerawat ketika memilih skincare.

Pada Kamis, (4/11) lalu, Jiglyciouss hadir sebagai pembicara inspiratif dalam Instagram Live Beautynesia yang bertajuk B-Speak Up, dengan tema "Dear Pejuang Jerawat".

Dear Pejuang Jerawat Jangan Lupa Nonton Instagram Live B-Speak Up! 4 November 2021Dear Pejuang Jerawat Jangan Lupa Nonton Instagram Live B-Speak Up! 4 November 2021/ Foto: Beautynesia

Perempuan berbakat ini juga menceritakan kisah awalnya mengalami jerawat di wajah yang cukup parah, yaitu di tahun 2018. "Waktu paling parah itu, aku jerawatan di tahun 2018. Aku jerawatan parah sampai yang satu muka banget, aku struggling lumayan lama hingga 1 tahun," jelasnya.

"Aku menemukan penyebab jerawatku saat itu, ternyata karena produk rambut. Kulit kepalaku justru lebih sensitif dibanding kulit muka. Jadi, kalau misalnya ada produk shampoo yang nggak cocok di aku, bisa berefek jadi jerawat di muka," lanjutnya lagi.

Sempat melakukan kesalahan ketika mencoba mengatasi jerawat, kala itu Jiglyciouss mencoba berbagai skincare yang dirasa mampu menyembuhkan jerawat. Namun, bukannya menjadi solusi, justru hal tersebut tak kunjung membuat jerawatnya reda.

Jiglyciouss, beauty influencer sekaligus acne fighter yang inspiratifJiglyciouss, beauty influencer sekaligus acne fighter yang inspiratif/ Foto: instagram.com/jiglyciouss

Setelah sempat struggling dengan jerawat yang cukup parah hingga merasa insecure pada awalnya, Jiglyciouss pelan-pelan mulai menghadapi kondisi tersebut. "Lama-lama aku menerima bahwa kulit wajahku memang begini, dan orang lain yang melihat [kulit] aku pun juga begini.

Dan di beberapa orang yang dekat dengan aku, itu nggak menjadi masalah sih," ungkapnya. Salah satu tips dari Jiglyciouss untuk mengatasi jerawat adalah dengan istirahat dari skincare sementara.

Selain itu, ia juga kerap mencatat berbagai produk yang ia gunakan baik itu skincare, hair care, atau body care, untuk melihat reaksinya di kulit, apakah menyebabkan jerawat atau tidak. Cara itu terbukti ampuh, karena Jiglyciouss menemukan penyebab jerawatnya, yaitu produk rambut atau hair care.

JiglycioussJiglyciouss/ Foto: instagram.com/jiglyciouss

Jiglyciouss juga mengingatkan para followers-nya, sekaligus para acne fighter di luar sana yang tengah menghadapi jerawat. Menurutnya, para pejuang jerawat harus mengenali diri mereka lebih dulu, baru kemudian mengenali kebutuhan kulit. "Alasan aku sekarang jarang jerawatan adalah, karena aku lebih kenal sama diri aku sendiri.

Aku tahu makanan apa yang menyebabkan jerawat. Misalnya, ada orang-orang yang nggak bisa makan telur setiap hari karena takut berjerawat, sementara di aku baik-baik aja kalau aku makan telur setiap hari. Apalagi aku juga lagi rajin olahraga dan banyak konsumsi protein seperti telur itu aman," jelasnya.

Justru, Jiglyciouss menghindari makanan dan minuman manis karena cenderung membuat kulitnya tumbuh jerawat. "Jika kita kenal sama diri dan kulit kita sendiri, itu jauh lebih enak.

Menurut aku, lebih baik kenalin kulit biar nanti ke depannya saat jerawatan, kita bisa tahu penyebabnya apa, atau apa yang harus dihindari, dan tahu perlu pakai skincare apa," pungkasnya.

Serum retinol lokalSalah satu serum retional dari brand lokal/ Foto: avoskinbeauty.com

Sementara untuk produk skincare sendiri, Jiglyciouss mengaku kalau produk-produk yang mengandung AHA, BHA, Niacinamide, serta Retinol sangat ampuh untuk mengatasi permasalahan jerawatnya, Beauties.

Ia juga mengingatkan, meskipun merasa insecure karena jerawat, salah satu support system yang paling penting adalah inner circle mulai dari keluarga, hingga teman yang benar-benar mendukung kita tanpa mempermasalahkan kondisi kulit wajah yang berjerawat.

JiglycioussJiglyciouss/ Foto: instagram.com/jiglyciouss

Nah, sekarang kamu nggak perlu merasa khawatir lagi, Beauties. Jerawat merupakan hal yang normal dan manusiawi, Jiglyciouss pun telah membuktikan kalau dirinya bisa menjadi sosok yang sukses dan inspiratif terlepas dari kondisi wajahnya yang berjerawat beberapa tahun lalu!

Untuk kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang beauty influencer yang satu ini, jangan lupa mampir ke kanal YouTube-nya di Jiglyciouss dan Instagram-nya di @jiglyciouss, ya!

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id