sign up SIGN UP

INFLUENCER

Yakin Jadi Selebgram? Cari Tahu Dulu Dampak Negatifnya!

Annisa Balqis | Kamis, 12 Dec 2019 12:00 WIB
Yakin Jadi Selebgram? Cari Tahu Dulu Dampak Negatifnya!
caption
Menjadi seorang selebgram bukan hanya perkara berfoto, posting di sosial media, dan terkenal. Ada banyak hal yang harus dihadapi, salah satunya mengenai dampak negatif yang bisa saja terjadi dalam prosesnya.

Menjadi influencer atau selebgram menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjajikan. Bermodalkan kreativitas di sosial media pribadi dan jaringan internet, para pelaku industri jasa serta barang memanfaatkannya bentuk kerja sama. Contohnya dalam review produk atau tempat yang diberikan. 

Namun menjadi selebgram bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan tersendiri, termasuk dampak negatif yang bisa saja dirasakan dalam prosesnya maupun setelah dikenal publik. Bagi kamu yang ingin menjadiselebgram, perlu tahu dulu soal dampaknya ya!


Finansial yang Naik Turun




Foto: https://maubelajarapa.com/

Melihat peluang menjadi selebgram dengan beragam tawaran dari banyak brand tentu cukup menggiurkan. Tidak hanya mendapatkan uang semata, pemberian barang dalam jumlah banyak dan cuma-cuma juga cukup menjanjikan. Banyak orang meninggalkan karier dan pekerjaan tetap sebelumnya untuk menjadi selebgram.

Di balik semua itu, tidak mudah bersaing dengan selebgram lainnya yang sudah lebih populer ataupun yang baru merintis. Terkadang untuk mendapatkan pekerjaan, selebgram harus berdamai dengan menetapkan fee lebih rendah demi bisa bersaing dan tetap eksis di peredaran. Hal tersebut cukup menguras sisi psikologis bagi yang tidak mampu bertahan, terlebih jika tawaran pekerjaan tidak selalu ada.


Sulitnya Membangun Engagement




Foto: https://blogs.oracle.com/

Sosial media tidak terlepas dari algoritma. Perubahan sistem pada sosial media--khususnya Instagram--memberi pengaruh bagi para selebgram untuk konten yang dibuat. Diabaikan oleh followers, berkurangnya eksposur pada target yang diharapkan adalah sedikit dari tantangan yang harus dihadapi.

Instagram dinilai telah berubah dengan lebih banyak bermain di bidang komersial yang banyak berkutat pada selebriti dan iklan, tidak lagi sebagai platform berbagi seni foto, video, dan konten lainnya.


Melakukan Hal yang Tidak Disukai dan Bertentangan




Foto: https://ideapod.com/

Sebagai selebgram kerap diminta untuk mereview suatu produk berdasarkan pengalaman pribadi. Bagi yang belum pernah menggunakan akan membutuhkan waktu untuk merasakan efeknya. Karena tuntutan pekerjaan, bisa saja review yang diberikan tidak sepenuhnya sesuai dengan kenyataan agar pihak yang memberikan produk memiliki citra baik. Belum lagi risiko efek samping dari produk yang tidak cocok dirasakan oleh selebgram. Demi konten, ada banyak hal yang harus dikorbankan.


Dikelilingi Opini Publik




Foto: https://flo.health/

Menjadi seseorang yang dikenal luas tidak akan terlepas dari berbagai pendapat publik yang beragam. Menjadi selebgram atau orang terkenal lainnya akan menghadapi berbagai opini, mulai dari yang baik, positif, hingga tajam dan cenderung mengejek.

Mental yang kuat diperlukan untuk menghadapi berbagai omongan publik agar tidak mengganggu pikiran dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Cuitan, opini, atau omongan publik bisa menjadi penyemangat dalam berkarya, ataupun malah menjatuhkan karier selebgram itu sendiri.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id