sign up SIGN UP

3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Viral Karena Diduga Gunakan Suara Adzan

Sierra Muktisari | Rabu, 08 Sep 2021 19:30 WIB
3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Viral Karena Diduga Gunakan Suara Adzan
3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Viral Karena Diduga Gunakan Suara Adzan/Foto: pinterest.com
Jakarta -

Stasiun TV asal Korea Selatan Mnet kembali menuai kontroversi melalui salah satu acara terbaru mereka, Street Woman Fighter. Acara tersebut merupakan ajang survival show yang menampilkan kompetisi antara beberapa grup tari perempuan demi meraih hasil sebagai pemenang. Belum lama menayangkan acara tersebut, Mnet telah dibanjiri protes dan kritikan dari penonton di berbagai negara.

Pasalnya, mereka menjadi viral setelah seorang netizen menemukan bukti bahwa acara tersebut menggunakan suara adzan yang di-remix dalam intro acara. Selain itu, ada kontroversi-kontroversi lainnya yang melibatkan Mnet, simak selengkapnya di sini!

Evil Editing

3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Diduga Menggunakan Suara Adzan3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Diduga Menggunakan Suara Adzan/ Foto: soompi.com

Mnet terlibat dalam kontroversi evil editing, sebutan yang diberikan fans K-Pop untuk Mnet yang terlihat mengedit beberapa clip penampilan dengan maksud 'tertentu'. Banyak dari mereka yang merasa kecewa dan marah terhadap hasil clip editing Mnet. Pasalnya, Mnet diduga sengaja mengedit bagian salah satu peserta, Kim Chae Hyun ketika tampil di Girls Planet 999.

Penampilan Chae Hyun bersama tim-nya dibuat seakan-akan melakukan kesalahan fatal, terlebih dalam editan video Mnet, ditampilkan wajah-wajah juri dengan eskpresi nggak menyenangkan. Sementara dalam video full version-nya, penampilannya nggak menunjukkan kesalahan yang fatal atau ekspresi-eskpresi dari para juri.

Menggunakan Suara Adzan

3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Viral Karena Diduga Gunakan Suara Adzan3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Viral Karena Diduga Gunakan Suara Adzan/ Foto: allkpop.com

Dari hasil editing tersebut, hasilnya para penonton Street Woman Fighter menemukan clip yang menunjukkan kalau acara tersebut menggunakan suara adzan. Di bagian intro atau pembuka survival show ini, seorang netizen pengguna TikTok @yourbestieotd yang membagikan video membandingkan suara adzan dengan musik intro di Street Woman Fighter.

Para penonton lainnya pun mulai menyadari ada kejanggalan dalam musik yang digunakan oleh Mnet tersebut. Karena kontroversi ini, tagar #Mnetapologize sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter pada Rabu (8/9).

Nggak hanya dari Indonesia, namun penonton dari berbagai negara juga menyuarakan protes mereka terkait kontroversi ini dan meminta Mnet untuk menyatakan permintaan maaf.

Manipulasi Hasil Vote

3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Viral Karena Diduga Gunakan Suara Adzan3 Kontroversi Stasiun TV Mnet yang Viral Karena Diduga Gunakan Suara Adzan/ Foto: soompi.com

Untuk kamu yang familiar dengan acara pencarian bakat Produce X 101, kamu pasti nggak asing dengan kontroversi yang melibatkan stasiun TV Mnet juga. Pasalnya, mereka pernah terlibat dalam kasus manipulasi hasil vote untuk para peserta Produce X 101.

Hal ini juga berdampak pada bubarnya X1, boy group yang dibentuk dari ajang pencarian bakat tersebut. Setelah mengakui kesalahannya dan melewati serangkaian investigasi, produser untuk acara ini pun juga diserahkan ke pihak kepolisian.

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id