sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

5 Sisi Kelam Dunia K-Pop: Kerja Keras Bagai Kuda dan Dibuntuti Fans!

Izzul Millati Umami | Sabtu, 07 Nov 2020 13:30 WIB
5 Sisi Kelam Dunia K-Pop: Kerja Keras Bagai Kuda dan Dibuntuti Fans!
caption
Jakarta -

Penuh gemerlap, populer dan selalu bahagia. 

Beginilah gambaran sosok idol kpop di mata penggemar. Wajah cantik dan tampan, suara yang bagus dan dance yang energic membuat mereka digandrungi banyak orang. Pesona idol kpop membuat banyak orang menjadikan mereka sebagai bias (diidolakan).

Faktanya, semua hal tersebut diperoleh dengan penuh pengorbanan. Banyak di antara idol kpop harus merelakan hal-hal penting yang harus mereka nikmati pada masanya, seperti waktu bersama keluarga yang terbuang dan lain sebagainya.

Beberapa fakta berikut ini akan membukakan mata kita bahwa dunia kpop sebenarnya punya sisi kelam tersendiri:

Masa trainee yang gila-gilaan

trainee kpop
trainee kpop/sumber:instagram.com/bigbang_official/

Kpop industri punya standar yang tinggi dalam mendebutkan sebuah girlband atau boyband. Untuk bisa debut, seorang calon member boyband akan melakukan tahapan training yang sangat panjang.. Jangka watu training ini berbeda-beda setiap grupnya.

Ada yang training hingga 6 tahun seperti BIGBANG, dan ada pula yang menjalani trainee 10 tahun seperti Jihyo Twice. Kelas training ini seringkali terasa melelahkan karena calon idol dituntun menjadi sosok super sempurna. Tak hanya menari dan menyanyi, idol harus punya skill akting maupun MC. 

Tuntutan tampil sempurna terkadang membuat idol kpop kehilangan diri sendiri

tuntutan tampil sempurna
tuntutan tampil sempurna/sumber:instagram.com/jennierubyjane/

Tampil sempurna merupakan salah satu standar yang wajar di industri kpop. Tak heran, diet ketat dan olahraga gila-gilaan jadi salah satu hal yang sangat wajar. Bila netizen kedapatan melihat seorang idol kpop bertambah berat badan, ini akan jadi boomerang bagi agensinya. Bisa jadi kepopuleran idol tersebut akan berkurang dan kalah saing dengan idol lainnya. 

Sayangnya, hal ini ternyata bikin idol kpop stress sendiri. Banyak yang merasa kehilangan diri sendiri karena dituntut tidak punya cela. Operasi plastik akhirnya jadi jalan yang akan di tempuh. 

Kepribadian seorang idol kpop pun juga ditentukan. Mereka harus jadi apa yang diminta agensi. Misalkan saja idol A harus tampil sebagai pribadi yang cerewet, padahal sebenarnya pendiam dan lain sebagainya. 

Waktu istirahat yang hanya 3 jam

waktu istirahat
waktu istirahat/sumber:instagram.com/twicetagram/

Memang tidak semua agensi memperlakukan idolnya dengan tak manusiawi, kok. Diluaran sana masih ada beberapa agensi yang masih manusiawi. Namun, fakta di lapangan, ketika menjelang debut atau comeback, seorang idol kpop mau tak mau istirahat hanya sekitar 3-4 jam.

Tak mengherankan ketika waktu liburan tiba, idol kpop ada yang sampai memilih tidur seharian saja untuk recharge energi. 

Dikuntit kemanapun pergi

sasaeng idol kpop
sasaeng idol kpop/sumber:instagram.com/sasaeng_kookie/

Menjadi idol kpop berarti juga harus siap dikuntit kemanapun pergi. Ada yang namanya sasaeng, atau fans barbar yang akan mengikuti kemanapun seorang idol pergi. Sasaeng ini bahkan sampai bisa meretas sosmed seorang idol kpop. 

Kehilangan masa muda dan waktu berharga dengan keluarga

Seorang eks member crayon pop mengaku, selama masa trainee banyak idol kpop yang mempunyai ponsel cadangan untuk menghubungi orang tua. Pasalnya, selama latihan, ponsel akan disita. eks member crayon pop ini juga mengaku dilarang bertemu dengan ayahnya untuk sesuatu yang penting. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id