sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

6 Grup K-Pop Ini Kejutkan Fans dengan Pembubaran Secara Mendadak!

Neysa Alicia | Jumat, 04 Jun 2021 18:30 WIB
6 Grup K-Pop Ini Kejutkan Fans dengan Pembubaran Secara Mendadak!
GFRIEND, jadi salah satu grup idola k-pop dengan kabar pembubaran mendadak / foto: allkpop.com
Jakarta -

Hai, Beautynesian! Ada pepatah mengatakan, setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Begitu juga yang terjadi pada grup musik K-Pop. Perpisahan bisa saja terjadi dengan berbagai alasan. Seperti beberapa idol grup di bawah ini, yang memutuskan untuk bubar secara tiba-tiba, hingga mengejutkan para penggemar. 

1. SISTAR

foto: starship entertainment
foto: starship entertainment

Buat penggemar K-Pop generasi dua, siapa sih yang tidak kenal dengan girl group yang satu ini? SISTAR yang digawangi oleh Hyorin, Dasom, Soyou, dan Bora mendapat julukan sebagai Queen of Summer karena comeback mereka yang selalu ditunggu-tunggu tiap musim panas tiba. Tidak cuma penggemar musik K-Pop saja, masyarakat Korea juga sangat menikmati lagu-lagu mereka, sehingga tidak heran jika SISTAR merajai berbagai chart musik setiap kali comeback. 

Selain sukses sebagai grup, masing-masing anggota SISTAR juga aktif berkegiatan solo. Mulai dari unit grup, solo album, akting, variety show, dan kolaborasi dengan penyanyi lain. Sayangnya, SISTAR memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan Starship Entertainment. Untuk mengobati patah hati penggemar, SISTAR sempat merilis lagu terakhir berjudul Lonely, sebelum benar-benar mengakhiri aktivitas mereka sebagai anggota girl group. 

2. BAP

foto: soompi.com
foto: soompi.com

BAP debut pada tahun 2012 di bawah naungan TS Entertainment. Mereka bahkan sukses mendapatkan popularitas sejak awal debut. Tidak hanya itu, BAP juga berhasil mematahkan stigma boy group K-Pop yang identik dengan image flower boy, melalui konsep dan lagu-lagu mereka yang lebih dark. BAP juga sempat melakukan tur konser ke negara-negara di Amerika Serikat. Namun sayang, para anggota BAP memiliki masalah dengan agensi mereka terkait pemberian hak mereka. Setelah beberapa kali mengajukan gugatan, akhirnya BAP sepakat untuk bubar dan tidak melanjutkan kontrak dengan agensi. 

3. Gugudan

foto: jellyfish entertainment
foto: jellyfish entertainment

Grup asuhan Jellyfish Entertainment ini debut pada tahun 2016, dan mengumumkan pembubaran secara tiba-tiba pada akhir Desember 2020. Kabar tersebut sontak membuat penggemar terkejut, karena mereka telah menantikan comeback Gugudan sejak tahun 2018. Pihak agensi meminta maaf atas keputusan tersebut setelah melakukan diskusi panjang dengan para anggota. Jellyfish Entertainment juga berjanji akan tetap mendukung karier masing-masing anggota Gugudan seperti akting, atau debut solo. 

4. X1

foto: instagram.com/x1official101
foto: instagram.com/x1official101

Boy group yang lahir dari ajang survival show ProduceX101 ini terpaksa bubar selang beberapa bulan sejak mereka debut. Bubarnya X1 dipicu akibat kasus skandal manipulasi hasil voting yang dilakukan oleh pihak penyelenggara acara tersebut. Keputusan tersebut juga menuai pro dan kontra di kalangan para fans, mengingat popularitas X1 saat itu.

5. PRISTIN

foto: pledis entertainment
foto: pledis entertainment

Keberhasilan PRISTIN menyandang penghargaan Rookie of The Year pada tahun 2017 lalu, ternyata tidak membawa grup mereka berumur panjang. Sejak awal kemunculannya, PRISTIN disambut antusias dan mendapat popularitas yang tinggi. Namun sayang, setelah hiatus selama kurang lebih satu tahun, Pledis Entertainment mengumumkan kalau girl group bungsu mereka resmi dibubarkan. Setelah kabar itu beredar, nama PRISTIN langsung jadi trending, karena banyak netizen yang kecewa dengan keputusan tersebut. 

6. GFRIEND

foto: allkpop.com
foto: allkpop.com

Yang paling baru dan paling mengejutkan baru-baru ini, kabar pembubaran GFRIEND. Debut pada tahun 2015, karier GFRIEND dinilai cukup sukses melihat saat itu mereka berangkat dari agensi kecil. Tidak hanya fans, tapi para penggemar musik K-Pop dan netizen di Korea dibuat syok dengan keputusan yang sangat tiba-tiba ini. Masalahnya adalah GFRIEND masih aktif menjalani kegiatan, dan kabarkan akan segera melangsungkan comeback mereka. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id