sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Drama Korea Berdasarkan Jurusan Kuliah, Ada Favoritmu?

Allyoo Ri | Rabu, 21 Apr 2021 09:30 WIB
Drama Korea Berdasarkan Jurusan Kuliah, Ada Favoritmu?
caption
Jakarta -

Menonton drama korea sudah jadi rutinitas banyak orang. Selain menghibur, menonton drama korea juga ternyata dirasakan banyak orang dapat menambah ilmu. Ini tak lain, karena naskah yang ditulis tak ditulis begitu saja, namun telah melalui banyak riset yang tidak sebentar. Keunggulan tersebut membuat drama korea menjadi semakin digemari.

Nah, biasanya kamu memilih drama korea karena faktor apanya sih? Aktor? Premis yang unik? Atau apa?

Selain aktor atau premis cerita yang unik, ternyata ada loh cara lain menentukan drama korea yang bisa kita tonton. Apa? Yaitu dengan jurusan kuliah!

Yup, kamu gak salah denger. Jurusan kuliah bisa jadi cara kamu memilih drama korea yang akan ditonton. Artinya, tidak hanya sekadar hiburan kamu akan mendapatkan ilmu sesuai dengan keilmuwan di dalam suatu jurusan kuliah. Menarik bukan?

Langsung aja yuk kita simak drama-drama yang sesuai dengan jurusan kuliah!

Jurusan Hukum

Lee Jongsuk
Lee Jongsuk di While You Were Sleeping/Sbs.co.kr

Untuk yang senang segala hal terkait peraturan terutama hukum dan proses penyelidikan maupun peradilannya, bisa banget nih nonton drama Law School (2021) yang tengah on going sekarang. Dibintangi oleh Kim Bum serta Ryu Hyeyoung, drama ini menceritakan tentang para mahasiswa di sebuah sekolah hukum yang menghadapi sebuah misteri pembunuhan Porfesor di sekolah mereka.

Tak hanya itu, ada pula I Can Hear Your Voice dan While You Were Sleeping yang memberi bumbu fantasi, sama-sama dibintangi oleh Lee Jongsuk dengan dua pemeran utama yang berbeda yaitu Lee Boyoung untuk I Can Hear Your Voice tentang Pengacara Publik, serta Bae Suzy untuk While You Were Sleeping di mana Lee Jongsuk menjadi seorang Jaksa.

Ada pula Miss Hammurabi yang dibintangi Kim Myungsoo dan Go Ara serta Nothing To Lose yang dibintangi Yeo Woojin dan Park Eunbin yang menceritakan soal hukum dari sisi para Hakim.

Jurusan Ekonomi, Bisnis atau Pajak

Im Siwan
Im Siwan dalam Misaeng/Pinterest by still cut drama

Buat kamu yang senang dengan hal-hal terkait ekonomi, kamu bisa mulai dengan menonton Misaeng (2014). Di mana latar drama tersebut adalah sebuah perusahaan perdagangan international. Bagaimana struggle sebagai karyawan baru, permasalahan dengan kilen dan bagaimana menghadapi atasan serta belajar tentang ilmu yang sebelumnya tidak dipelajari di bangku kuliah. Seru banget! Drama ini dibintangi oleh Im Siwan, Kang Haneul, Kang Sora serta Byun Yohan.

Ada pula Drama Midas (2011) yang dibintangi Jang Hyuk, Kim Hee Ae serta Lee Minjung, Kamu akan belajar soal saham serta keuangan dunia di sini. Jangan lupakan Good Manager yang juga mengangkat kisah seorang akuntan dan bagaimana dia mulai bekerja untuk sebuah perusahaan besar. Lalu Money Game yang menceritakan keuangan di sebuah Bank milik pemerintah dibintangi Go Soo dan Shim Eunkyung, ditambah 38 Task Force yang dibintangi Ma Dongseok, Seo Inguk dan Choi Sooyoung tentang pajak. Lengkap bukan?

Jurusan Jurnalistik

Kim Joohyuk dan Chun Woohee
Kim Joohyuk dan Chun Woohee dalam Argon/Pinterest by still cut drama

Identik dengan wartawan, reporter atau pembawa berita, jurusan ini terkait dengan stasiun penyiaran berita. Kamu bisa menonton Pinocchio (2015) yang dibintangi Lee Jongsuk dan park Shinhye, menceritakan tentang perjalanan mereka memulai dari seorang reporter, lalu kemudian mulai mencari arti sesungguhnya dari setiap berita yang mereka bawakan.

Ada pula Argon (2017) dibintangi oleh Chun Woohe serta Kim Juhyeok, menceritakan tentang sebuah tim investigasi di suatu stasiun penyiaran berita bernama Argon. Kedua pemeran utama akan berperan sebagai seorang reporter dan anchor. Mereka akan tumbuh bersama sebagai seorang jurnalis seiring drama berlangsung.

Namgoong Min juga punya drama tentang dunia jurnalis, di mana di sana ia berperan sebagai seorang jurnalis jujur yang mencoba mengungkapkan kebenaran di balik serangkaian praktik jurnalisme dan politik yang keji. Menarik banget deh!

Jurusan Ilmu Politik

Lee Jungjae
Lee Jungjae/Pinterest by still cut drama

Jurusan Ilmu politik juga gak bisa ketinggalan nih. Kamu bisa mulai dengan drama Chief of Staff yang dibintangi Lee Jungjae serta Shin Minah, yang menceritakan tentang para staff serta anggota parlemen di pemerintahan. Kamu juga bisa menonton Designated Survivor: 60 Days yang dibintangi Ji Jinhee, tentang bagaimana seorang Presiden Interim dilantik di saat Negara dalam bencana nasional.

Ada pula Choi Siwon dan Lee Yooyoung dalam drama My Fellow Citizen yang berusaha menjadi seorang anggota parlemen. Drama Song Seungheon The Great Show juga menceritakan perjuangan yang sama dari seorang politisi. Namun tentu dengan intrik cerita yang jauh berbeda, hanya sama-sama mengangkat tema politik dari seorang politisi yang ingin masuk pemerintahan.

Jurusan Kedokteran

Han Suk Kyu
Han Suk Kyu dalam Romantic Doctor Teacher Kim/Pinterest by still cut drama

Kalau untuk jurusan kedokteran, mungkin salah satu yang paling mudah untuk dicari. Karena drama medis sendiri sudah sangat banyak. Kamu bisa menonton Romantic Dr. Teacher Kim yang dibintangi Han Sukyu, serta Emergency Couple dibintangi Song Jihyo dan Choi Jinhyuk yang banyak menceritakan soal para Dokter di ruang IGD.

Lalu ada Doctors yang dibintangi Park Shinhye dan Kim Raewon serta Doctor Stranger dibintangi oleh Lee Jongsuk dan Park Haejin, Medical Top Team dengan Kwon Sangwoo dan Jung Ryeowoon yang mengangkat apik bagaimana seorang dokter ketika mengoperasi. Ada pula Hospital Playlist, mengangkat tema tentang medis dan para dokter dengan lebih humanis.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id