sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Mengenal Hipotiroidisme, Penyakit yang Diderita Baekhyun EXO

Retno Wulandari | Selasa, 06 Apr 2021 13:00 WIB
Mengenal Hipotiroidisme, Penyakit yang Diderita Baekhyun EXO
Foto: Baekhyun EXO/instagram.com/exo_bbh_fanpage

Belum lama ini salah satu personel EXO, yaitu Baekhyun mengumumkan jika dirinya mengidap hipotiroidisme menjelang masa wajib militernya. Membuat para penggemar khawatir, berikut penjelasan mengenai hipotiroidisme yang bisa menyerang siapa saja!

Mengutip dari National Health Service (NHS), penyakit hipotiroidisme merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak bisa memproduksi hormon tiroid dengan baik. Gangguan hormon ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, tapi penyebab yang paling umum adalah antibodi pada tubuh yang menyerang kelenjar tiroid sehingga fungsinya terganggu.

Penyakit Hipotiroidisme yang Diderita Baekhyun EXO
Foto: Baekhyun EXO/instagram.com/exo_bbh_fanpage

Penyakit yang diderita oleh Baekhyun EXO ini bisa menyebabkan tenggorokan dan wajah mengalami pembengkakan ketika kambuh. Gejala lain yang disebabkan oleh penyakit ini saat kambuh adalah syok, kesulitan bernapas, dan kejang.

Sementara itu, tanda-tanda umum yang disebabkan oleh penyakit hipotiroidisme adalah sering mengalami kelelahan, berat badan bertambah tanpa sebab, perasaan tertekan, kulit menjadi kering, dan muncul nyeri pada bagian otot-otot tubuh.

Penyakit Hipotiroidisme yang Diderita Baekhyun EXO
Foto: Baekhyun EXO/instagram.com/exo_bbh_fanpage

Tidak hanya Baekhyun EXO, penyakit hipotiroidisme juga bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Selain itu, penyakit yang menyerang kelenjar tiroid ini juga bisa menyerang anak-anak bahkan bayi yang baru lahir atau disebut dengan hipotiroidisme kongenital.

Sama seperti penyakit lainnya, hipotiroidisme juga harus diatasi dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui pengobatan untuk mengurangi atau meringankan gejala yang dialami oleh penderita hipotiroidisme. Biasanya penderita penyakit ini dianjurkan untuk mengonsumsi obat hormon tiroid, di mana obat ini berfungsi untuk menggantikan hormon tiroid yang kurang aktif. Obat pengganti hormon ini dikonsumsi setiap hari seperti levothyroxine.

[Gambas:Instagram]

Penyakit Hipotiroidisme yang Diderita Baekhyun EXO
Foto: Baekhyun EXO/instagram.com/exo_bbh_fanpage

Sebelum menentukan jenis obat hormon tiroid dan jumlah dosis yang dikonsumsi, penderita hipotiroidisme harus rutin melakukan tes darah. Setelah penderita mengetahui jumlah dosis yang tepat, biasanya mereka akan melakukan tes darah setahun sekali untuk memantau kadar hormon di dalam tubuh, hal ini juga dilakukan oleh Baekhyun EXO berdasarkan rekam medisnya setahun ke belakang.

Perawatan untuk penyakit hipotiroidisme pada umumnya berjalan seumur hidup. Meskipun banyak diabaikan, nyatanya penyakit hipotiroidisme bisa menimbulkan komplikasi yang cukup serius, seperti masalah kehamilan, penyakit jantung, dan kondisi lainnya yang mengancam jiwa atau disebut dengan myxoedema coma jika tidak ditangani dengan baik.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id