sign up SIGN UP

Stone Music Entertainment Akan Ditutup?

Riri Fitriana | Sabtu, 24 Apr 2021 04:30 WIB
Stone Music Entertainment Akan Ditutup?
caption
Jakarta -

Salah satu agensi hiburan Korea Selatan, Stone Music Entertainment, dikabarkan akan ditutup.

Logo perusahaan CJ ENM
CJ ENM/pinterest/namu.moe

Pada 20 April, media Korea Selatan yaitu Sports Kyunghyang merilis kabar bahwa Stone Music Entertainment mengajukan penutupan bisnisnya pada 8 April. Tidak hanya itu, sumber dari CJ ENM yang menaungi Stone Music Entertainment mengungkapkan bahwa CJ ENM tengah mere-organisasi sub-labelnya untuk efisiensi. Menanggapi kabar tersebut, CJ ENM mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa Stone Music secara resmi telah dilikuidasi.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi manajemen dan memberi layanan yang lebih efektif untuk artis yang berada dalam nanungan CJ ENM dan sub-labelnya. Stone Music akan tetap beroperasi sebagai merek distribusi musik.

CJ ENM merupakan salah satu perusahaan industri hiburan Korea yang menaungi beberapa sub-label antara lain, Stone Music Entertainment, MMO Entertainment, Off The Record, AOMG, H1GHR MUSIC, Swing Entertainment dan Jellyfish Entertainment. Perusahaan ini sering kali mengadakan program audisi dan survival untuk mencari bakat-bakat terbaru untuk dijadikan artis. Salah satu audisi yang cukup terkenal yaitu seri Superstar K yang dimulai pada tahun 2009.

Beberapa pihak mengkritik bahwa hal ini digunakan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka dengan menjadi operator di beberapa saluran siaran serta kemungkinan adanya monopoli pada industri tertentu.

Potret beberapa artis yang berada dalam naungan Stone Music Entertainment
Artis-artis Stone Music Entertainment/soompi.com

Menurut beberapa pakar, jika CJ ENM berhasil mere-organisasi struktur sub-labelnya maka ada kemungkinan perusahaan ini akan menjadi salah satu perusahaan besar di industri hiburan seperti Kakao M milik perusahaan Kakao. Stone Music Entertainment sendiri menjadi rumah dari beberapa musisi terkenal antara lain Son Ho Young g.o.d, Kim Yong Jun dan Kim Jin Ho SG Wannabe, Davichi, Eric Nam, Roy Kim dan TO1. Dengan adanya kabar likuidasi Stone Music Entertainment, ada kemungkinan artis-artis ini akan dipindahkan ke label yang berbeda di bawah naungan CJ ENM.

Baru-baru ini, salah satu artis dari Stone Music Entertainment yaitu Davichi, telah merilis single digital mereka yang berjudul Just Hug Me. Single digital ini dirilis pada 12 April dan merupakan comeback pertama selang setahun dari karya terakhir mereka.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id