sign up SIGN UP

Tak Hanya Ada di Drakor, Ini Deretan Grup Konglomerat Terkenal di Korea

Allyoo Ri | Kamis, 14 Oct 2021 12:48 WIB
Tak Hanya Ada di Drakor, Ini Deretan Grup Konglomerat Terkenal di Korea
caption
Jakarta -

Tak hanya soal indutsri hiburannya yang telah mendunia dan banyak menarik perhatian pada Negeri Ginseng tersebut, Korea Selatan juga terkenal dengan para keluarga konglomerat, Beauties. Deretan perusahaan raksasa yang mengekspor berbagai produknya ke seluruh dunia, juga ada di Korea Selatan.

Para pendiri atau pemilik perusahaan beserta keluarganya, disebut sebagai chaebol atau konglomerat. Beberapa produknya mungkin sangat akrab di telingamu dan bahkan mungkin tengah kamu gunakan. Ada siapa saja? Yuk, simak di sini!

1. Samsung

Pewaris Samsung
Pewaris Samsung Lee Jae Yong/Foto: Pinterest by BBC

Jika menyebut konglomerat, Samsung tentu tidak bisa dilewatkan. Bahkan pasti banyak yang lebih dulu terpikirkan dengan Samsung saat menyebut Konglomerat asal Korea Selatan. Grup besar yang telah memproduksi banyak produk elektronik terutama ponsel pintar tersebut dimiliki oleh Lee Kun Hee.

Sayangnya, Lee Kun Hee telah meninggal pada oktober 2020 silam. Kini, keluarganya lah yang meneruskan perusahaannya tersebut. Lee Kun Hee diketahui meninggalkan harta untuk keluarganya sekitar 26 triliun Won atau sekitar Rp338 triliun kepada para pewarisnya. 

2. Hyundai

Pewaris Hyundai
Pewaris Hyundai Chung Eui Sun/Foto: Courtesy of Hyundai

Perusahaan konglomerat selanjutnya adalah Hyundai yang didirikan oleh Chung Ju-yung. Didirikan pada tahun 1947, pada awalnya grup ini didirikan sebagai sebuah perusahaan konstruksi. Sampai kemudian bisnis berkembang ke berbagai industri.

Hyundai pun mulai memisahkan jenis bisnisnya, mulai dari Hyundai Motor Company sampai Hyundai Departemen Store. Hyundai Motor Company sendiri telah sukses jadi manufaktur kendaraan yang dikenal di seluruh dunia yang bahkan memiliki anak perusahaan KIA dalam hal produksi mobil.

Tak hanya mobil penumpang, tetapi termasuk suku cadang dan bahkan mobil niaga besar. Saat ini, Hyundai dipimpin oleh Chung Eui Sun yang menjabat Executive Vice Chairman perusahaan. Eui Sun, anak satu-satunya Chairman Hyundai Motor Group, Chung Mong Koo.

3. Kakao Corp

Pewaris Kakao Corp
Pewaris Kakao Corp Kim Beom Soo/Foto: Koreantimes

Dalam daftar orang terkaya di Korea Selatan, sosok Pendiri Kakao, Kim Beom Soo, yang berhasil mendirikan perusahaan layanan messenger raksasa Kakao, telah melampaui kekayaan melebihi kekayaan Wakil Ketua Samsung, Lee Jae Yong.

Telah merambah pada banyak cabang bisnis, Kakao Corp semakin memantapkan langkahnya di dunia teknologi dan secara agresif menarik minat banyak investor. Mulai dari layanan Kakao Pay serta KakaoTalk, Kakao telah dikenal sebagai perusahaan teknologi yang berhasil menjadikan pendiri dan pemiliknya menjadi konglomerat terkaya di Korea Selatan.

4. LG

LG Group Chairman Koo Kwang-mo Courtesy of LG Group
LG Group Chairman Koo Kwang Mo/Foto: Courtesy of LG Group

Perusahaan teknologi lain yang masuk ke dalam daftar konglomerat, adalah LG. Namun LG tak hanya memproduksi barang elektronik, tetapi juga bahan kimia, dan produk telekomunikasi melalui anak-anak usahanya, seperti LG Electronics, Zenith, LG Display, LG Uplus, LG Innotek, dan LG Chem di lebih dari 80 negara.

LG kini dipimpin oleh Koo Kwang Mo, yang merupakan generasi ke empat keluarga. Pemimpin LG sebelumnya Koo Bon Moo sendiri telah tutup usia pada tahun 2018 silam. Koo Kwang Moo sendiri merupakan keponakan Koo Bon Moo, tetapi ia telah diadopsi dan menjadi penerus perusahaan.

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id