sign up SIGN UP

ENTERTAINMENT

Tidak Selalu Romantis, Berikut Rekomendasi Drama Korea yang Membahas Kesehatan Mental

Astari Dewi Larasati | Senin, 31 Aug 2020 15:30 WIB
Tidak Selalu Romantis, Berikut Rekomendasi Drama Korea yang Membahas Kesehatan Mental
caption
Jakarta -

Kebanyakan masyarakat menganggap drama Korea Selatan identik dengan cerita romantis. Tapi akhir-akhir ini drama yang membahas kesehatan mental juga hangat dibicarakan. Saat ini penulis naskah drama dan pembuat film berusaha untuk menyadarkan masalah ini serta menunjukkan berbagai jenis penyakit yang termasuk dalam kesehatan mental.

Di dalamnya sering kali menunjukkan bagaimana karakter sembuh dari penyakit tertentu. Drama ini berharap penonton juga mengalami hal serupa dalam berjuang untuk sembuh. Untuk itu, intip yuk rekomendasi drama Korea Selatan yang membahas kesehatan mental seperti berikut.


My Mister

Gadis yang mengalami depresi dan memandang hidup selalu dari sudut pandang negatif.
My Mister/pinterest.com/hanncinema

Dibintangi oleh solois IU yang menceritakan seorang gadis untuk berjuang hidup sambal merawat neneknya sendirian. Hidupnya seakan tidak pernah mengalami kebahagiaan. Ia berjuang dengan bekerja paruh waktu dan hidup dalam jurang depresi yang cukup serius. Tapi hal ini berubah setelah hadirnya seorang pria yang membantunya kapan pun ia bisa. Karena sang gadis selalu mengalami pahitnya hidup, ia selalu memandang hidup dari sudut pandang negatif. Kehadiran pria tersebut mengubah hidupnya secara perlahan.

It’s Okay, That’s Love

Laki-laki yang mempunyai penyakit mental serius disebut skizofenia.
It’s Okay, That’s Love/pinterest.com/handmadebyleyli

Bercerita tentang Jang Jae Yeol, seorang penulis terkenal yang bertemu dengan Ji Hae So. Diantara keduanya menanamkan rasa tidak suka satu sama lain, namun keadaan berkendak lain. Ternyata mereka menemukan kemiripan dan menjadi titik puncak dalam hubungan. Namun Jae Yeol sedang berjuang dengan penyakit mental serius yang disebut skizofrenia. Dimana mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, merasakan, dan berperilaku dengan baik. Hae So pun berjuang demi laki-laki yang ia cintai untuk sembuh.

Sky Castle

Orangtua yang menuntut anaknya untuk masuk ke universitas terbaik, namun berakhir dengan tragis.
Sky Castle/pinterest.com/nellychang

Drama Korea yang mengambil latar belakang tempat disebut Sky Castle. Dimana ada empat keluarga yang bersedia melakukan apapun dengan biaya tinggi untuk memastikan anak-anaknya masuk ke universitas terbaik. Salah satu hal terbaik dalam drama dengan rating tinggi ini adalah kesadaran dan perhatian yang diberikan kepada siswa Korea Selatan menghadapi tekanan karena harus berprestasi secara akademis. Tidak jarang, jika siswa tidak memenuhi ekspetasi orangtuanya akan depresi hingga bunuh diri. Tentunya hal ini sangat realistis dengan kehidupan sekarang.

Thirty But Seventeen

Laki-laki yang punya trauma masa kecil dan wanita yang terjebak dalam mental masa kecil bersandar satu sama lain.
Thirty But Seventeen/pinterest.com/hancinema

Seorang laki-laki bernama Gong Woo Jin tidak bersikap sama sejak kecelakaan tragis saat usianya masih muda. Hal ini menjadikan dirinya sangat susah untuk berinteraksi dengan orang lain. Ia baru bangun dari koma setelah 13 tahun, jadi mentalnya masih diumur 17 tahun walaupun badannya berumur 30 tahun. Dia dan wanita bernama Woo Seo Ri bersandar satu sama lain untuk mendapatkan dukungan emosional.

It’s Okay Not To Be Okay

Dalam drama ini banyak karakter yang mempunyai trauma karena tekanan emosional.
It’s Okay Not To Be Okay/pinterest.com/pinkvilla

Terakhir ada drama yang sedang hangat dibicarakan ini membahas tentang kesehatan mental. Moon Kang Tae bekerja sebagai pengasuh di rumah sakit jiwa dan bertemu dengan Go Moon Young yang menulis buku anak-anak. Moon Young bertekad untuk memiliki hati Kang Tae, namun ia mengabadikan dirinya untuk merawat sang kakak Moon Sang Tae. Drama ini membahas masalah kesehatan mental serta berbagai jenis penyakit mental. Banyak karakter yang mempunyai trauma karena tekanan emosional.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id