sign up SIGN UP

MAKE-UP

3 Cara Merapikan Alis Sendiri di Rumah yang Aman dan Mudah untuk Pemula

tyana | Rabu, 24 Feb 2021 08:30 WIB
3 Cara Merapikan Alis Sendiri di Rumah yang Aman dan Mudah untuk Pemula
Foto: Ilustrasi Merapihkan Alis/Freepik.com

Alis memiliki pengaruh besar terhadap penampilan, terutama untuk para wanita. Bentuk alis yang tebal, rapih dan simetris menjadi idaman sekarang sekarang ini. Sayangnya untuk mewujudkan bentuk alis ini dibutuhkan berbagai cara ada yang menggunakan microblading eyebrow, microshading eyebrow ataupun menebalkannya dengan menggunakan pensil alis.

Untuk kamu yang memiliki bentuk alis yang tebal dapat menggunakan cara yang lebih mudah dan murah yaitu dengan membersihkan bulu alis yang tidak rapih. Cara ini juga dinilai lebih aman dan juga dapat dilakukan sendiri di rumah. 

Mencabut Alis dengan Pinset

3 Cara Merapihkan Alis Sendiri di Rumah yang Aman dan Mudah untuk Pemula
Ilustrasi Mencabut Alis dengan Pinset/Freepik.com

Merapikan alis dengan cara mencabut dengan menggunakan pinset menjadi teknik yang paling populer di kalangan wanita. Untuk menggunakan cara ini tidak dibutuhkan teknik khusus dan alat yang mahal. Risiko gagal merapikan alis dengan cara ini juga sangat rendah karena pengerjaannya yang sangat mudah. 

Sayangnya cara merapikan alis ini banyak yang tidak disukai karena pengerjaannya yang cukup lama dan juga menimbulkan rasa sakit. Untuk mempermudah pengerjaan dan mengurangi rasa sakit berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

  • Bersihkan Alis: Kamu dapat melakukan scrub pada bagian alis agar kotoran, minyak dan juga kulit mati terangkat. Alis yang berminyak dan kotor menyebabkan sulit untuk dicabut sehingga menimbulkan rasa sakit.
  • Pastikan Alis Kering: Keringkan alis dengan menggunakan handuk bersih dan pastikan tidak ada air yang tersisa untuk memudahkan pencabutan.
  • Bentuk Alis Menggunakan Pensil: Untuk menghindari kegagalan bentuk alis terlebih dahulu untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu dicabut dan tidak.
  • Oleskan Krim Lidah Buaya: Untuk menghindari iritasi setelah pencabutan oleskan lidah buaya pada alis yang telah dibersihkan dengan air sebelumnya. 

Sugar Wax Strip

3 Cara Merapihkan Alis Sendiri di Rumah yang Aman dan Mudah untuk Pemula
Ilustrasi Menggunakan Sugar Wax Strips/Freepik.com

Cara merapikan alis yang kedua adalah dengan menggunakan sugar wax strip. Sugar wax strip atau sering juga disebut dengan sugar paper wax merupakan kertas yang telah dilengkapi dengan cairan lengket yang dapat menarik bulu. Jenis waxing ini dinilai lebih mudah dan murah daripada sugar wax yang dikemas dalam botol dan juga lebih aman daripada hot wax. 

Pilih juga sugar wax strip khusus untuk merapikan bulu alis, bisanya ukurannya lebih kecil daripada untuk bagian ketiak ataupun kaki. Sebelum melakukan waxing jangan lupa untuk membersihkan bagian alis dengan menggunakan sabun dan juga membentuk alis dengan menggunakan pensil agar lebih mudah menempatkan strip dan memaksimalkan pencabutan. Oleskan juga krim lidah buaya setelah selesai waxing agar kulit tetap halus dan juga tidak iritasi.

Threading 

3 Cara Merapihkan Alis Sendiri di Rumah yang Aman dan Mudah untuk Pemula
Ilustrasi Threading /Freepik.com

Cara merapikan alis yang terakhir ini dinilai lebih sulit daripada dengan pinset ataupun waxing. Namun, cara ini dinilai lebih cepat digunakan daripada dengan pinset dan juga rendah iritasi dan rasa sakit daripada waxing. 

Sesuai dengan namanya kita membutuhkan benang untuk melakukan cara ini dan juga teknik sederhana agar dapat membersihkan bulu alis yang tidak rapih dengan sempurna. Untuk kamu yang masih bingung cara melakukan teknik merapikan alis, kita telah merangkum beberapa hal yang perlu kamu ketahui:

  • Benang yang kuat: Pilih benang yang tidak mudah patah, atau kamu dapat menggunakan benang jahit yang kuat.
  • Siapkan Benang: Ambil sekitar 60-80 cm, kemudian bentuk melingkar dengan mengikat ujungnya. 
  • Bentuk Gunting : Setelah membentuk lingkaran, tekuk hingga tegang dan putar bagian sebelah kanan searah jarum jam hingga beberapa kali hingga membentuk simpul sekitar 2,5 cm pada bagian tengah. Kemudian putar satu tangan ke arah jarum jam dan tangan lainnya ke arah berlawanan hingga membentuk gunting dan simpul pada bagian tengah.
  • Bersihkan Alis: Jangan lupa juga untuk membersihkan alis sebelum melakukan threading untuk menghindari infeksi.
  • Bentuk Alis: Untuk memudahkan pengerjaan kamu dapat terlebih dulu membuat garis alis.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id