sign up SIGN UP

MAKE-UP

4 Langkah Tepat Merawat Alat Makeup

Novianty Aulia | Senin, 07 Jun 2021 16:00 WIB
4 Langkah Tepat Merawat Alat Makeup
4 Cara Merawat Perlengkapan Alat Make Up/Freepik.com

Alat makeup menjadi salah satu barang penting dalam menjaga penampilan. Selain menunjang makeup, perlengkapan alat rias juga berpengaruh terhadap hasil riasan pada wajahmu. Tampilan makeup akan sempurna jika alat rias yang digunakan berfungsi dengan baik, begitupun dengan sebaliknya.

Ladies, penting bagi kamu untuk memperhatikan kondisi dari segala alat makeup yang kamu gunakan. Dibutuhkan perawatan yang rutin serta tepat agar kondisi makeup tetap terjaga baik dan berfungsi secara maksimal. Tak cuma itu, ketahanan pakai alat makeup bertahan lama dan dapat digunakan dalam jangka panjang.

Berikut Beautynesia telah merangkum 4 cara tepat dalam merawat alat makeup. Kira-kira bagaimana ya ladies? Yuk simak artikel berikut!

1. Jangan Berbagi dengan Orang Lain

Tak cuma bakteri, kebiasaan berbagi alat make up dapat merusak alat itu sendiri lho.
Ilustrasi berbagi alat make up dengan orang lain/Freepik.com


Sering bertukar ataupun berbagi peralatan makeup dengan teman dekatmu? Jika iya, segera tinggalkan kebiasaan yang satu ini ya.

Walaupun terdengar sepele, berbagi alat makeup dapat menurunkan kualitas serta fungsi dari alat itu sendiri lho. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki jenis serta kebutuhan kulit yang berbeda. Perbedaan inilah yang membuat setiap orang harus menggunakan alat makeup miliknya sendiri.

Enggak cuma sampai disitu, berbagi alat makeup juga dapat mengundang banyak bakteri yang berpindah dari kulit orang lain. Alat makeup yang seharusnya bersih menjadi sarang menumpuknya beragam bakteri serta kotoran. Hal ini nantinya malah berdampak buruk dan membuat wajahmu rentan terserang berbagai masalah kulit.

Jadi, selalu pakailah alat makeup masing-masing ya Ladies. 

2. Bersihkan Selalu Setelah Pemakaian

Rutinlah membersihkan segala alat make up yang kamu gunakan dalam kurun 1 atau 2 kali seminggu.
Ilustrasi membersihkan perlengkapan alat make up/Freepik.com


Menggunakan alat make up yang sama secara berulang dapat mengundang banyak bakteri dari noda make up yang tertinggal. Tak jarang, hasil make up menjadi kurang sempurna karena terlalu banyaknya kotoran yang menumpuk. Jika dibiarkan, alat make up menjadi cepat rusak dan tidak dapat berfungsi seperti biasanya.

Maka dari itu ladies, sangatlah penting bagi kamu untuk selalu memperhatikan kebersihan dari alat makeup yang kamu gunakan. Kamu bisa memilih beragam produk pembersih seperti sabun hingga micellar water guna mengangkat segala kotoran pada alat makeup.

Dengan rutin membersihkan alat makeup maka kualitas dari alat tersebut akan terjaga dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, tekstur dari alat makeup tidak akan berubah dan selalu nyaman saat kamu gunakan.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

 

Paparan Sinar matahari dapat menurunkan kualitas alat make up dan membuatnya tidak berfungsi maksimal.
Ilustrasi alat make up terpapar sinar matahari/Freepik.com


Selama ini mungkin kamu berfikir bahwa hanya produk make up sajalah yang perlu disimpan pada tempat yang sejuk. Kemudian kamu membiarkan segala alat makeup tersimpan bahkan tersebar di berbagai tempat. Padahal, alat rias yang kamu gunakan juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari langsung lho.

Ya, seperti halnya produk make up, alat rias juga diketahui memiliki ketahanan produk yang tidak terlalu kuat jika dihadapkan dengan suhu yang panas. Hal ini dikarenakan panas dapat menurunkan kualitas dari alat makeup sehingga lebih mudah rusak. Hasil make up yang kamu dapatkan pun menjadi kurang sempurna karena kondisi alat penunjang yang kurang baik.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menyimpan segala alat penunjang makeup pada tempat yang sejuk dan terhindar dari terpaan langsung sinar matahari ya!

4. Disusun Rapih dan Jangan Ditumpuk dengan Barang Lain

Jangan menumpuk alat make up dengan barang yang berat.
Ilustrasi menyusun alat make up dengan benar/Freepik.com


Langkah terakhir yang juga tidak kalah penting ialah jangan menumpuk alat makeup dengan barang lain khususnya barang yang berat.

Ingat ya, tak semua perlengkapan alat make up memiliki kemasan atau bahan yang kuat untuk menahan beban dari barang lain. Terlebih, beberapa alat makeup memiliki bentuk dan ukuran yang kecil serta tekstur yang tidak terlalu kokoh. Jika kebiasaan ini dibiarkan, alat makeup menjadi tidak berfungsi dan rusak secara perlahan.

Penempatan alat makeup yang tidak benar juga nantinya malah membuat kamu repot dan kesulitan saat mencarinya. Segala debu serta kotoran juga dapat berpindah dari barang-barang lain di sekitar alat makeup. Akibatnya, alat make up menjadi rusak dan wajahmu juga dapat bermasalah.

So, tinggalkan kebiasaan menumpuk alat makeup ya Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id