sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Hal Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Skip Mengaplikasikan Toner

Hani Arifah | Kamis, 04 Feb 2021 19:30 WIB
5 Hal Buruk yang Akan Terjadi Jika Kamu Skip Mengaplikasikan Toner
caption

Seperti yang kita tahu, toner merupakan komponen basic skincare yg sangat penting untuk menjaga kulit kita agar tetap sehat, lembap, dan terhidrasi. 

Step toning atau pengaplikasian toner berada di urutan ke dua dalam basic skincare, yaitu setelah step cleansing dan sebelum step moisturizing. Pada umumnya, ada 2 cara untuk mengaplikasikan toner, yaitu dengan kapas dan dengan telapak tangan. 

Jika dilihat dari fungsinya, terdapat dua macam toner, yakni exfoliating toner dan hydrating toner. Keduanya memiliki peran yang berbeda dan sama pentingnya. 

Lalu apa yang terjadi jika kita melewati step toning? 

1. Menumpuknya Kotoran dan Sisa Cleanser

kulit kotor karena sisa minyak dan face washFoto:google/freeimages
Kulit kotor

Kita tidak bisa memastikan apakah wajah kita benar-benar bersih setelah melakukan cleansing. Toner berperan sebagai korektor yang akan memastikan kulit wajah kita benar-benar bersih dari kotoran dan sisa cleanser. Kotoran yang menumpuk akan menimbulkan banyak permasalahan kulit wajah.

2. Kulit Perlahan Menjadi Kendur

Kulit tidak kencang karena kurang terhidrasiFoto:google/freeimages
Kulit tidak kencang

Salah satu manfaat toner adalah untuk mengencangkan kulit wajah. Dengan menghidrasi kulit wajah dengan toner, maka kulit wajah kita akan terasa kencang dan berseri. Kulit yang kencang akan terlihat awet muda.

3. Kurangnya keseimbangan pH kulit

Permasalahan kulit wajah Foto:pinterest/womenonlinemagz
Permasalahan kulit wajah

Ketika kita melakukan tahap cleansing dengan face wash, pH di kulit wajah kita berubah atau kehilangan keseimbangan. Kurang seimbangnya pH kulit wajah dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan seperti jerawat, bruntusan, dan komedo. Maka dari, toner tidak boleh dilewatkan begitu saja.

4. Kerja Skincare Menjadi tidak Maksimal

Toner merupakan pembuka pintu kandungan skincare untuk kulit wajah. Dengan mengaplikasikan toner, kulit kita siap untuk menerima kandungan-kandungan skincare setelahnya. Jika kita melewati step toning, maka kandungan skincare yang dipakai selanjutnya tidak menyerap secara maksimal.

5. Kulit Tampak Kusam

Kulit kusam Foto:google/freeimages
Kulit Kusam

Salah satu dampak yang terjadi akibat melewati step toning adalah kulit menjadi kusam. Ketika kita melewatkan toner, kelembapan kulit akan berkurang yang menyebabkan kulit terlihat kering dan kusam. 

Itu tadi 5 masalah besar yang akan terjadi jika kita melewatkan toner. Jadi, pastikan kamu memakai toner di skincare routine kamu, ya!

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id