sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Hal Kreatif yang Dapat Kamu Lakukan dengan Kosmetik Kadaluarsa

Agatha Kharisma | Rabu, 20 Dec 2017 12:30 WIB
5 Hal Kreatif yang Dapat Kamu Lakukan dengan Kosmetik Kadaluarsa
caption
Biarpun selalu dandan setiap hari, pasti ada saja produk kosmetik kadaluarsa yang kamu temukan saat beberes meja rias. Jangan dibuang dulu, karena ada beberapa hal kreatif yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan kosmetik kadaluarsa secara aman!



Body Lotion
 


Foto: https://www.phemomenon.com/

Kalau kamu punya body lotion yang mendekati atau bahkan sudah kadaluarsa, periksa dulu apakah ada perubahan warna, tekstur, dan bau. Bila tidak ada, sulap body lotion jadi body scrub dengan mencampurkan gula pasir atau bubuk kopi ke dalamnya. Semakin banyak gula atau bubuk kopi yang dicampurkan, maka body scrub akan lebih kasar. Pakai sebelum mandi.
 




Shampoo
 


Foto: https://intothegloss.com/

Saat kamu tidak cocok dengan formula shampoo yang harganya mahal, bisa jadi kamu merasa sayang untuk membuangnya, dan akhirnya kadaluarsa. Sesungguhnya, formulasi shampoo tidak mudah kadaluarsa, sehingga kamu dapat memanfaatkannya untuk mencuci kain-kain halus serta makeup brush alias kuas rias.




Eyeshadow dan Glitter
 


Foto: https://www.goodhousekeeping.com/

Kalau kamu kolektor palette, pasti kamu punya banyak banget eyeshadow atau glitter yang nganggur di meja rias. Jangan memaksakan diri untuk tetap memakai eyeshadow kadaluarsa di mata ya, karena ada resiko iritasi dan infeksi. Namun supaya nggak mubazir, kamu dapat menyulapnya jadi bahan nail art maupun bahan proyek-proyek seni yang sedang kamu kerjakan.
 
Misalnya, campurkan glitter dengan kuteks bening untuk menciptakan glitter top coat. Atau, kamu dapat mencampur eyeshadow bubuk ke dalam cat putih, sebagai bahan melukis. Unik kan?
 


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=ZbJLg-w2_6A



Maskara
 


Foto: https://destinationfemme.com/

Di ntara semua produk makeup, maskara yang sudah lewat masa kadaluarsa pantang digunakan. Pasalnya, setiap kali kamu memakai maskara, maka aplikator maskara akan bersentuhan dengan waterline mata, kemudian disimpan dalam tube yang lembap. Namun, kamu tetap bisa memanfaatkan aplikator maskara, lho. Bersihkan dengan eye makeup remover, lalu cuci bersih. Kamu dapat memanfaatkannya sebagai spoolie untuk sikat alis, maupun sisir bulu mata agar maskara nggak clumping.




Lipstik


Foto: https://www.youtube.com/watch?v=tiZW348EGFA

Karena teksturnya creamy, lipstik kadaluarsa adalah barang yang pas untuk kamu manfaatkan sebagai krayon. Percayalah, dengan tekstur 3D dan warna-warnanya yang unik, hasil karyamu nggak akan mudah ditiru!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id