sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Kesalahan Memakai Foundation yang Bikin Look Terlihat Tua

Pavita Sevilla | Selasa, 04 May 2021 11:30 WIB
5 Kesalahan Memakai Foundation yang Bikin Look Terlihat Tua
caption
Jakarta -

Penampilan yang baik tentunya akan membuat kita tambah percaya diri. Salah satu cara untuk membuat penampilan menjadi terlihat lebih cantik yaitu dengan menggunakan foundation. Foundation dapat meratakan warna kulit dan menyamarkan kekurangan di wajah.

Namun hati-hati, bukannya mempercantik, ternyata beberapa kesalahan ini malah dapat membuat penampilan kita terlihat lebih tua. Berikut 5 kesalahan saat memakai foundation yang perlu dihindari.

1. Menggunakan Warna Foundation yang Terlalu Terang atau Terlalu Gelap

Contoh foundation terlalu gelap/stylecraze.com
Contoh foundation terlalu gelap/stylecraze.com

Warna foundation yang terlalu terang dapat membuat wajah terlihat pucat. Ini dapat menyebabkan warna kulit leher dengan warna kulit wajah sangat berbeda sehingga akan membuat penampilan terlihat lebih tua.

Begitupun saat kita memakai foundation yang terlalu gelap. Jika terlalu gelap, foundation akan menyebabkan muka terlihat lebih kusam dan seperti orang yang lelah. Sehingga penampilan pun akan tampak lebih tua.

2. Tidak Memakai Pelembap

Ilustrasi wanita memakai pelembap/allure.com
Ilustrasi wanita memakai pelembap/allure.com

Semua jenis kulit, khususnya kulit kering wajib menggunakan pelembap sebelum mengaplikasikan foundation jika tidak ingin terlihat lebih tua. Sebab, jika foundation diaplikasikan di kulit yang sangat kering, nantinya garis-garis halus di wajah akan terlihat. Hal ini pun akan membuatmu terlihat lebih tua karena terlihat seperti memiliki banyak kerutan.

3. Menggunakan Primer Terlalu Sedikit atau Bahkan Tidak Sama Sekali

Menggunakan primer/https://blog.beautybridge.com
Menggunakan primer/https://blog.beautybridge.com

Selain moisturizer, primer juga dapat berfungsi memberi kulit kelembaban sebelum menggunakan makeup. Fungsi primer lainnya yaitu  membuat kulit terlihat lebih halus, menyamarkan pori-pori dan menyamarkan garis halus.

Jika hanya menggunakan sedikit primer atau bahkan tidak sama sekali sebelum memakai foundation, maka garis-garis halus dan pori-pori akan terlihat lebih jelas. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation agar tampilanmu terlihat lebih flawless.

4. Menggunakan Foundation Terlalu Tebal

Foundation terlalu tebal/youtube.com/JosefinLillakas
Foundation terlalu tebal/youtube.com/JosefinLillakas

Memakai foundation terlalu banyak dapat membuat tampilan terlihat cakey dan tidak natural. Foundation yang terlalu tebal malah membuat tampilan muka menjadi tua karena makeup yang dipakai akan terlihat sangat penuh dan berlebihan.

Jika foundation dirasa kurang cukup untuk menutupi kekurangan di wajah, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan concealer dengan shade yang tepat agar tampilan tetap terlihat natural.

5. Mengaplikasikan Bedak Saat Foundation Masih Basah

Set makeup dengan bedak/freepik.com
Set makeup dengan bedak/freepik.com

Jangan terburu-buru set makeup dengan bedak. Banyak yang langsung menggunakan bedak saat foundation baru selesai diaplikasikan. Set makeup dengan bedak memang sangat bagus, tetapi jika bedak langsung digunakan saat foundation masih basah dapat membuat tampilan terlihat patchy.

Setidaknya, tunggu 1-2 menit setelah menggunakan foundation. Baru setelah itu kamu dapat set makeup dengan bedak untuk hasil tampilan yang maksimal.

Nah, itu dia kesalahan-kesalahan saat memakai foundation yang bikin tampilanmu terlihat lebih tua. Mulai sekarang, jangan lakukan kesalahan-kesalahan di atas lagi ya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id