sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Sunblock (Part 2)

Intan Kumala | Senin, 26 Sep 2016 05:30 WIB
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memakai Sunblock (Part 2)
caption
Banyak orang mengabaikan penggunaan sunblock karena seringkali merepotkan. Memakai kosmetik yang mengandung SPF dirasa sudah cukup melindungi kulit dari sinar matahari. Sebaiknya sunblock tetap harus digunakan terutama saat cuaca panas. Karena kosmetik mengandung SPF belum cukup melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit. Namun, sebelum mencapai tahap yang parah kulit akan mengalami kerusakan bertahap seperti penuaan dini. Cara memakai sunblock yang tepat juga harus diperhatikan. Tak jarang banyak wanita yang belum optimal saat menggunakan sunblock. Selain itu ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memakai sunblock.

1. Hanya Digunakan di Bagian Tertentu


Biasanya sunblock hanya diaplikasikan pada wajah, tangan, dan kaki. Sebaiknya gunakan juga di area belakang telinga, belakang leher maupun hidung. Daerah tersebut juga rentan terkena sinar matahari langsung meskipun letaknya berada di area tersembunyi.
 


Foto: https://www.facetofeet.com/skincare/637/3/4-bagian-tidak-biasa-yang-seharusnya-menggunakan-sunscreen

2. Memilih Sunblock yang Tidak Sesuai


Sama halnya dengan memakai kosmetik, sunscreen yang digunakan tetap harus menyesuaikan jenis kulit. Sunblock terdiri dari beberapa jenis, yaitu krim, lotion, dan gel. Bila memiliki kulit kering gunakan sunblock jenis krim atau lotion. Sedangkan untuk kulit berminyak bisa memilih jenis gel atau berbentuk spray. 


Foto: https://merkterbaik.com/merk-sunblock-untuk-wajah/

3. Memakai Sunblock di Luar Ruangan


Mengoleskan pelindung matahari saat berada di luar ruangan tidak membuatnya bekerja dengan baik bahkan percuma. Sunblock yang tepat digunakan 30-60 menit sebelum keluar rumah. Hal ini akan memudahkan sunblock lebih terserap dan bekerja secara optimal saat berada di luar ruangan. 
 



Foto: https://mylistoflists.com/tips-for-healthy-skin-in-the-summer-sun/

4. Memilih Sunblock Hanya Mengandung SPF


Sun Protection Factor (SPF) merupakan ukuran yang digunakan berapa lama sinar matahari akan membakar kulit. SPF biasanya hanya melindungi kulit dari UVB. Sinar UVA dapat menyebabkan timbulnya kerutan, penuaan dini serta kanker. Sedangkan UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. Perhatikan kemasan yang tertera, perlindungan terhadap UVA ditandai dengan PA+, PA++, PA+++. Bila tidak tertera sebaiknya periksa kandungannya apakah mengandung zinc atau avabenzone. Dua bahan aktif tersebut dapat melindungi kulit dari bahaya kanker.  


5. Tidak Menggunakan Sunblock Secara Berulang


Tidak ada sunblock yang melindungi kulit dari sinar matahari 100% meskipun menggunakan SPF tinggi. Sunblock akan mudah luntur saat berkeringat dan terkena air. Sebaiknya oleskan kembali sunblock atau setelah 2 jam sekali. 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id