sign up SIGN UP

MAKE-UP

5 Langkah Tepat Manfaatkan Tidur untuk Kecantikan Tubuh

Intan Kumala | Rabu, 22 Jun 2016 01:00 WIB
5 Langkah Tepat Manfaatkan Tidur untuk Kecantikan Tubuh
caption
Banyak orang melewatkan waktu istirahat, tak heran bila keesokan harinya badan kurang fit serta wajah tampak kuyu. Padahal memanfaatkan waktu tidur dengan baik bisa memberikan dampak yang positif terutama pada kecantikan. Ya, kecantikan di malam hari tidak hanya didapatkan dari pelembab krim malam saja. Kurangnya waktu tidur akan berdampak pada tubuh sehingga mengurangi kelembaban kulit. Hal ini menyebabkan kulit tampak lebih tua dan kusam. Oleh karena itu manfaatkan waktu tidur dengan baik agar kecantikan tubuh tetap terjaga.

1. Posisi Tidur Telentang atau Menyamping


Posisi tidur yang tepat nyatanya mampu mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Tidur telentang atau menyamping memang sangat disarankan. Bila telungkup dapat merusak collagen yang terdapat di wajah sehingga elastisitasnya berkurang. Bila hal ini berlangsung terus menerus akan menyebabkan kerutan di usia dini.
Foto: https://palembang.tribunnews.com/2015/03/23/tidur-terlentang-bikin-kulit-wajah-tetap-kencang

2. Matikan Lampu Saat Tidur


Sebaiknya matikan lampu saat tidur agar tidur lebih cepat dan nyenyak. Lampu yang masih menyala tidak mampu mengistirahatkan mata. Bisa juga dengan menggunakan masker mata untuk mengurangi cahaya agar tidur lebih nyenyak. Masker mata juga berfungsi mengurangi lingkaran hitam serta bengkak pada mata.
Foto: https://snoring.sdghealth.com/child_snoring_causes.html

3. Tidur Lebih Cepat


Menurut beberapa penelitian waktu tidur yang cukup dapat mengurangi munculnya jerawat dan sensitivitas alergi. Bila waktu istirahat tidak tercukupi dapat mengurangi kecantikan alami kulit. Dimana pada saat itu terjadi peningkatan sel inflamasi sehingga menyebabkan pemecahan kolagen dan asam hyaluronic, molekul yang membuat kulit lebih cerah dan berkilau. Tak heran bila kurangnya waktu tidur membuat kulit lebih kusam dan mempercepat penuaan dini.
Foto: https://spirit.web.id/bahaya-pola-tidur-tidak-teratur-yang-perlu-diketahui

4. Tidur Dengan Posisi Sejajar


Posisi ini akan memperlancar peredaran darah ke kulit. Pastikan kamu tidur dengan pipi dan tulang belakang yang sejajar sehingga oksigen dapat mengalir dari kepala ke wajah dengan baik.
Foto: https://cahiya.com/inilah-posisi-tidur-yang-dapat-mengatasi-gangguan-kesehatan/

5. Hindari Minuman yang Bisa Menghambat Waktu Tidur


Minuman mengandung kafein, alkohol nyatanya bisa mempengaruhi waktu tidur. Minuman ini dapat menghambat waktu tidur dengan cara memblokir sejumlah zat penting yang seharusnya membuat tubuh lebih cepat tidur.
Foto: https://aybela.com/blog/ternyata-kopi-banyak-manfaatnya-untuk-kecantikan-kesehatan/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id