sign up SIGN UP

6 Cara Agar Bibir Tetap Lembap Saat Pakai Lipstick Matte

Ratih Dewi | Sabtu, 26 Jun 2021 18:15 WIB
6 Cara Agar Bibir Tetap Lembap Saat Pakai Lipstick Matte
caption

Lipstick yang matte selalu menjadi pilihan banyak wanita untuk mempercantik tampilan makeup mereka. Selain itu, lipstick matte juga memiliki warna yang sangat pigmented, bisa menutupi bibir yang hitam, lebih tahan lama, dan tidak mudah pudar walaupun sudah makan dan minum selama beraktivitas seharian. 

Sayangnya, lipstick dengan hasil akhir matte sering kali membuat bibir kita menjadi kering, mengelupas, dan masuk ke dalam sela-sela garis bibir. Hal seperti ini tentu saja membuat kita menjadi tidak nyaman dan membuat penampilan makeup menjadi kurang optimal.

Pastikan kamu ikuti cara di bawah ini untuk menjaga bibir kamu tetap lembap walaupun menggunakan lipstick matte, Ladies. 

1. Minum Air Mineral

Minum Air Mineral
Minum air mineral agar bibir lembap/Foto : freepik.com

Tidak hanya membuat bibir tetap lembap, minum air putih sehari-hari dengan cukup juga tetap menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi, menjaga kesehatan ginjal, memperlancar pencernaan, dan mengurangi permasalahan pada wajah seperti kering dan kusam.

Pastikan kamu minum air mineral cukup dan tidak berlebihan. Kalau kamu merasa sudah melakukan semua perawatan bibir, menggunakan produk untuk membuat bibir tetap lembap, tapi bibir kamu masih juga kering, pastikan kebutuhan air minum sehari-hari sudah cukup ya, Ladies

2. Rutin Eksfoliasi Bibir

Rutin Eksfoliasi Bibir
Rutin eksfoliasi bibir agar bibir lembap/Foto : freepik.com

Selain wajah dan tubuh yang perlu eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati, bibir juga perlu untuk eksfoliasi agar permukaan bibir tetap halus, sel kulit mati terangkat, dan menjaga permukaan bibir tetap lembap. Sudah banyak produk lip scrub baik lokal, Korea, atau lainnya yang bisa kamu temui online atau offline store. 

Pastikan juga keadaan bibir kamu lembap ketika eksfoliasi, tidak terlalu kasar, dan jangan terlalu sering. Cukup seminggu 2 sampai 3 kali saja eksfoliasi bibir dan pastikan setelahnya kamu menggunakan lip balm

3. Gunakan Lip Balm sebelum Lipstik

Gunakan Lip Balm sebelum Lipstik
Gunakan lip balm sebelum lipstick/Foto : freepik.com

Mungkin beberapa dari kalian mengaplikasikan lipstick dulu baru lip balm supaya bibir tidak kering saat pakai lipstik. Nyatanya, hal ini kurang efektif dan malah membuat lipstick kamu menjadi mudah luntur. Sebaiknya kamu gunakan lip balm terlebih dahulu, diamkan 10 - 15 menit baru menggunakan lipstick. 

Dengan menggunakan lip balm terlebih dahulu, menjaga bibir kamu tetap lembap, permukaan bibir menjadi lebih halus, dan memudahkan kamu saat mengaplikasikan lipstik. Kalau setelahnya kamu mau timpa dengan lip balm lagi juga boleh dan pastikan lipstik kamu sudah kering. 

4. Aplikasikan Secukupnya

Aplikasikan Secukupnya
Aplikasikan secukupnya/Foto : freepik.com

Aplikasikan lipstick secukupnya pada bibir, jangan terlalu banyak dan jangan ditimpa terus menerus. Biasanya, lipstick matte memiliki coverage yang cukup bagus untuk cover warna bibir asli, jadi pastikan kamu gunakan secukupnya untuk meminimalisir bibir kamu menjadi kering nantinya. 

Kamu juga bisa mengaplikasikan dengan tap-tap menggunakan jari atau lip brush supaya hasilnya lebih rapi, natural, produk yang diaplikasikan tidak terlalu banyak, dan membuat bibir kamu juga nyaman. 

5. Pilih Lipstik yang Bisa Melembapkan

Pilih Lipstik yang Bisa Melembapkan
Pilih lipstik yang bisa melembapkan/Foto : freepik.com

Banyak brand baik lokal ataupun luar yang mengeluarkan produk lipstik dengan warna-warna yang cantik, cocok untuk semua undertone kulit, dengan kandungan yang bisa menutrisi juga melembapkan bibir seperti jojoba oil dan vitamin E.

Pastikan kamu juga membaca claim dari produk tersebut apakah ada kandungan yang bisa melembapkan bibir kamu, sehingga ketika digunakan tetap nyaman dan tidak membuat bibir kering walaupun memiliki hasil akhir yang matte

6. Pakai Lip Mask untuk Lip Care

Pakai Lip Mask untuk Lip Care
Pakai lip mask untuk lip care/Foto : Pinterest.com/kncbeauty.com

Untuk perawatan bibir tidak hanya lip balm atau lip scrub saja. Sama seperti wajah, bibir juga memiliki masker atau lip mask untuk melembapkan bibir, mencerahkan, dan menutrisi bibir agar terlihat lebih sehat. Kamu bisa gunakan lip mask sama seperti kamu menggunakan lip scrub seminggu 2 sampai 3 kali saja. 

Misalkan habis eksfoliasi bibir, kamu gunakan lip mask setelahnya supaya bibir sehat, cerah natural, dan lembap. Nah Ladies, tidak perlu takut lagi ketika menggunakan lipstik yang matte bibir kamu menjadi kering, semoga cara-cara di atas membantu ya! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id