sign up SIGN UP

MAKE-UP

6 Cara Bikin Eyeshadow Tetap Cetar dan Tahan Lama

Esra Dopita | Rabu, 20 May 2020 05:00 WIB
6 Cara Bikin Eyeshadow Tetap Cetar dan Tahan Lama
caption
Eyeshadow atau makeup mata sering kali menjadi riasan yang mudah luntur dan smudge di tengah-tengah acara. Duh, pasti tak nyaman ya. Coba baca tipsnya di bawah ini ya!

Riasan mata atau eyeshadow kerap mencuri perhatian saat kita tampil memakai makeup. Sayangnya, makeup mata hampir selalu menjadi riasan yang mudah luntur dan smudge. Penyebabnya bisa keringat, minyak, hingga makeup itu sendiri. Demi membuat riasan mata tetap cetar dan stunning, berikut ini enama cara membuat eyeshadow tetap cetar dan tahan lama.


Bersihkan Mata




Foto: https://beautynesia.id/25538/article/cosmetic/5-langkah-tutuorial-memakai-eyeliner-untuk-si-mata-sipit

Sebelum mengaplikasikan produk makeup di mata, bersihkan terlebih dulu kulit di area mata. Pastikan kondisi mata bebas dari minyak dan keringat. Sebagai perawatan, kamu bisa memakai eye cream pada malam hari demi merawat serta menjaga kelembapan kulit di area mata sehingga hasil riasan mata lebih cetar dan tidak mudah luntur. 


Gunakan Primer




Foto: https://wolipop.detik.com

Kelopak mata diketahui mampu menghasilkan minyak alami sendiri. Karena itu, sebelum memakai eyeshadow, aplikasikan primer lebih dulu. Selain mampu mengontrol kadar minyak di kelopak mata, primer juga membuat eyeshadow lebih menempel di lipatan mata serta tidak mudah luntur. Aplikasikan primer ke seluruh kelopak mata, dari garis bulu mata sampai tulang alis. 



Hindari Concealer atau Foundation




Foto: https://wolipop.detik.com/

Kesalahan yang sering dilakukan dan tanpa disadari ketika membuat riasan mata adalah membubuhkan concealer atau foundation ke kelopak mata. Padahal, dua produk makeup ini mengandung minyak yang dapat menyebabkan makeup mata atau eyeshadow menjadi mudah smudge dan cepat luntur. Jadi, hindari pemakaian concealer juga foundation di area mata. 


Pilih Produk Tahan Lama




Foto: https://wolipop.detik.com

Setelah itu, pilih produk eyeshadow dengan formula tahan lama atau long lasting serta smudgeproof. Untuk maskara dan eyeliner, pilih formula waterproof atau anti air agar tidak mudah luntur saat terkena air. Produk riasan mata dengan formula tahan lama atau tahan air kemungkinan besar akan tahan lama. 


Basahi Kuas




Foto: https://wolipop.detik.com/

Pemilihan kuas atau brush turut mempengaruhi ketahanan eyeshadow. Karena itu, pilih kuas untuk eyeshadow demi hasil maksimal. Selain itu, untuk warna eyeshadow tampak cantik dan lebih berwarna, kamu bisa mengakalinya dengan membasahi terlebih dulu kuas dengan sedikit air. Setelah itu, pilih warna eyeshadow yang akan kamu pakai, lalu aplikasikan ke kelopak mata seperti biasa. 


Kunci Setting Spray




Foto: https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4231454/mengenal-setting-spray-produk-makeup-yang-bikin-riasan-tahan-lama

Terakhir, setelah menyelesaikan semua rangkaian makeup, semprotkan setting spray ke seluruh bagian wajah secara merata. Jangan lupa sempotkan perlahan ke area mata dengan hati-hati. Pilih setting spray dengan formula mattifying agar mampu mengontrol minyak di kulit wajah serta tidak mudah luntur. 

 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id