sign up SIGN UP

MAKE-UP

6 Penyebab Munculnya Flek Hitam yang Tidak Boleh Kamu Sepelekan

Vindi Fitriana | Kamis, 22 Aug 2019 05:45 WIB
6 Penyebab Munculnya Flek Hitam yang Tidak Boleh Kamu Sepelekan
caption
Flek hitam merupakan kondisi dimana menumpuknya pigmen kulit (melanin) pada kulit. Munculnya flek hitam pada area wajah bagi sebagian orang enggan mencari tahu penyebabnya dan malah menyepelekannya. Padahal ini dia 6 penyebab munculnya flek hitam yang tidak boleh kamu sepelekan!

1. Paparan Sinar Matahari Utraviolet


Siapa sangka kalau sinar matahari dapat menyebabkan munculnya noda hitam. Bahkan lebih parahnya kalau wajahmu terus menerus terkena sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit. Nah, untuk itu kamu perlu banget menggunakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari sebelum kamu keluar rumah, Beautynesian!
 


Foto: https://www.rdmag.com/

2. Faktor Genetik (DNA)


Bagi sebagian orang pasti banyak yang tidak mengetahui kalau faktor genetik dapat menyebabkan munculnya noda hitam. Mengapa demikian? Karena pigmentasi dapat dipengaruhi karena faktor keturunan. Ahli kecantikan menjelaskan penyebab munculnya flek adalah dari faktor genetik dengan persentase sekitar 20-70 persen.
 


Foto: https://www.express.co.uk/

3. Perlunya Asupan Vitamin


Tidak hanya perawatan wajah saja, tapi asupan vitamin juga perlu dalam mendukung kesehatan kulit wajah loh. Jika kamu tidak mengkonsumsinya maka jangan heran jika muncul noda hitam. Nah, untuk itu mulai mengkonsumsi vitamin B12, K, dan vitamin E untuk mencegah noda hitam ya!
 



Foto: https://www.clipartpanda.com/

4. Polusi Udara yang Berbahaya


Polusi udara tidak hanya menyebabkan pada kesehatan pernapasan saja, tetapi dapat menyebabkan munculnya noda hitam. Karena polusi udara menyebabkan iritas pada kulit sampai dapat merusak lapisan kulit. Pastikan sebelum keluar rumah untuk menggunakan masker ya, Beautynesian! Setidaknya dapat mencegah munculnya noda hitam.
 


Foto: https://www.thehealthsite.com/

5. Penggunaan Kosmetik dengan Kandungan Bahan Kimia


Bagi yang sering menggunakan kosmetik untuk keperluan kerja maupun acara formal lainnya, perlu pintar memilih kosmetik yang cocok untuk wajahmu dan tentunya dengan kandungan kimia yang tidak berbahaya. Dikarenakan ada beberapa kosmetik yang mengandung bahan kimia tertentu dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin. ​Selain itu, beberapa bahan yang ada di kosmetik juga bisa memicu fotosenstifitas, dimana dapat menyebabkan munculnya noda hitam.


Foto: https://zula.sg/applying-cushion-foundation/

6. Bekas Jerawat


Masalah yang sering dialami banyak perempuan adalah munculnya bekas jerawat. Apalagi kalau banyak muncul bekas jerawat ya, Beautynesian. Pastinya kamu akan mulai panik dan bisa timbul stress juga. Untuk itu, pastikan saat muka kamu berjerawat jangan sampai meninggalkan bekas jerawat ya dan jangan sampai tangan usilmu memencet area wajahmu yang terkena jerawat. Karena itu akan meninggalkan bekas jerawat.
 


Foto: https://www.elitemdspa.com/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id