sign up SIGN UP

MAKE-UP

7 Tips Makeup untuk Wajah Berminyak

Josephin Tantono | Rabu, 10 Aug 2016 06:00 WIB
7 Tips Makeup untuk Wajah Berminyak
caption
Memiliki kulit wajah berminyak terkadang terasa mengganggu, apalagi saat kita ingin memakai makeup. Produk makeup bisa menggumpal atau malah membuat kulit wajah berjerawat. Sekarang tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut karena sudah banyak produk yang dibuat khusus untuk kulit berminyak. Lewat penggunaan dan langkah yang tepat, maka wajahmu akan terlihat cantik tanpa kilap!

Gunakan Primer


Primer berfungsi sebagai base untuk memudahkan pengaplikasian makeup serta berperan sebagai lapisan pelindung antara kulit dan makeup. Menggunakan primer juga membantu memperpanjang daya tahan makeup. Saat memilih produk primer, pilih yang bahannya tidak mengandung silikon karena kulit berminyak biasanya sensitif terhadap silikon. Benefit The Porefessional memiliki formula oil free yang bisa menjadi pilihan primermu.


Foto: https://www.chillpainai.com/scoop/4924/

Gunakan Foundation yang Tepat


Memilih foundation yang pas untuk kulit berminyak itu gampang-gampang susah. Saat ini sudah banyak terdapat foundation yang dikhususkan untuk kulit wajah berminyak. Jenis foundation yang powder-based bisa menjadi solusi bila kamu merasa bingung. Foundation powder-based tidak membuat wajah mengkilap dan terasa ringan.

Jika kamu lebih suka foundation cair, maka pilihlah yang jenisnya water-based. Lebih baik lagi jika foundation yang kamu gunakan mengandung silika sehingga dapat membantu mengontrol produksi minyak.


Pakai Bedak


Bedak sangat penting karena fungsinya untuk mengurangi kilau pada wajah dan membantu foundation melekat dengan baik. Bagi pemilik kulit wajah berminyak, disarankan untuk menggunakan loose powder yang kemampuan menyerap minyaknya sangat baik. 



Pilih Blush yang Matte


Hindari penggunaan blusher yang mengandung kilau. Sebisa mungkin selalu pilih blusher yang finishing-nya matte. Makeup cenderung lebih mudah pudar pada wajah berminyak. Jadi, jenis powder blush lebih cocok dipakai karena daya tahannya yang lebih lama daripada cream blush.


Foto: https://www.bestproducts.com/beauty/g920/powder-blush-makeup/

Mineral Makeup


Produk kosmetik dengan bahan mineral merupakan pilihan yang paling baik untuk kulit berminyak. Komposisi dari produk kosmetik mineral biasanya oil free dan mengandung anti-bakteri untuk mencegah jerawat. Bahan utamanya, zinc oxide dan titanium dioxide berperan sebagai sunscreen sekaligus. Jadi, kamu tidak perlu memakai ekstra sunblock lagi.
Foto: https://minaeva-beauty.pp.ua/

Semakin Tipis Semakin Baik


Kulit berminyak pada dasarnya memang kurang baik bila diaplikasikan makeup. Oleh sebab itu, untuk mencegah makeup menggumpal atau kulit wajah iritasi lebih baik aplikasikan makeup tipis saja. Tidak usah memakai berlapis-lapis makeup. Misalnya saja, kamu bisa menggunakan moisturizer yang sudah mengandung SPF sehingga dalam 1 lapis kamu sudah mendapatkan 2 manfaat sekaligus. 


Oil Free Makeup Remover


Bersihkan terlebih dahulu kulit wajahmu dengan oil free cleanser dan toner sebelum menggunakan makeup. Jadi, kulit wajah menjadi lebih bersih dari minyak saat produk makeup diaplikasikan. Jangan lupa pula untuk membersihkan makeup dengan remover yang oil free juga. 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id