sign up SIGN UP

MAKE-UP

Alasan Mengapa Paraben dalam Produk Kecantikan Berbahaya Bagi Tubuh

Maria Juwita | Sabtu, 14 Jul 2018 08:00 WIB
Alasan Mengapa Paraben dalam Produk Kecantikan Berbahaya Bagi Tubuh
caption
Sudah tahu bahwa paraben dalam produk kecantikan berbahaya bagi tubuh? Kira-kira kenapa ya, Ladies? Yuk cari tahu jawabannya di sini! Hati-hati, ternyata senyawa kimia satu ini sebaiknya kamu hindari!

Banyak merek kosmetik kerap memasukkan klaim “paraben-free” pada produknya, atau dengan kata lain bebas kandungan paraben. Sudah paham belum, Ladies, kenapa sih paraben biasanya kerap dihindari? Sebelum kamu bingung sendiri, pahami yuk berbagai alasan kenapa sebaiknya kamu menjauhi berbagai produk kecantikan dengan kandungan paraben!


Foto: Istimewa


Paraben banyak digunakan pada produk kecantikan, mulai dari kosmetik, sampo, pasta gigi, hingga skin care. Dibagi berdasarkan jenisnya, ada 6 jenis paraben yang biasa digunakan yaitu methyl-, ethyl-, propyl-, isopropyl-, butyl-, dan isobutylparaben. Semua jenis paraben tersebut berfungsi untuk melawan pertumbuhan bakteri dan memperpanjang masa penyimpanan produk alias sebagai bahan pengawet. Tanpa adanya bahan pengawet, produk akan lebih rentan terkontaminasi bakteri dan cepat rusak, belum lagi jika harus dipakai di bagian tubuh.


Foto: https://geniusbeauty.com/
Foto: Istimewa

Sesungguhnya, paraben memiliki kegunaan yang baik, yaitu untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada produk kecantikan. Namun dibalik itu semua, senyawa kimia rantai panjang seperti butyl-, isobutyl-, propyl-, dan isopropylparaben bisa mengganggu kinerja kelenjar endokrin. Endokrin merupakan kelenjar pada otak yang berfungsi untuk mengatur produksi hormon. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika produksi hormon terganggu? Seluruh fungsi tubuhmu pun bisa terganggu juga, misalnya dalam segi perkembangan, reproduksi, dan fungsi otak. Ngeri, ya!



Foto: Istimewa

Banyak penelitian menemukan adanya kaitan antara kanker payudara dengan paraben. Penelitian di tahun 2004 menemukan kandungan paraben pada sel kanker payudara, dan penelitian di tahun 2015 menemukan bahwa paraben bisa menjadi lebih berbahaya ketika dikombinasikan dengan molekul tertentu. American Cancer Society kemudian mengklarifikasi bahwa berbagai penelitian tersebut tidak menunjukkan hubungan langsung antara paraben dengan kanker. Namun, tak ada salahnya untuk berhati-hati ya, Ladies!


Foto: Istimewa

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan secara konkret bahwa paraben bisa menyebabkan kanker, tapi lebih baik mencegah daripada menyesal, bukan? Nah, sekarang kamu tahu kan mengapa paraben sebaiknya dihindari. Lebih baik gunakan produk bebas paraben saja ya, Ladies!


Kalau kamu membutuhkan informasi seputar kesehatan untuk kamu, kamu bisa tanya-tanya dan mendiskusikannya di beautynesia.id/forum lho. Di forum ini kamu bisa membuat thread, memberikan komentar dan berdiskusi dengan Beautynesia User lainnya. Jangan lupa sign up di https://beautynesia.id/signup kalau kamu belum punya akun Beautynesia ya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id