sign up SIGN UP

MAKE-UP

Aman Dipakai, Ini Deretan Kosmetik Halal Tersertifikasi MUI

Henny Alifah | Jumat, 29 Nov 2019 13:00 WIB
Aman Dipakai, Ini Deretan Kosmetik Halal Tersertifikasi MUI
caption
Memakai kosmetik halal jadi salah satu perhatian khusus wanita muslim, tak terkecuali wanita muslim di Indonesia. Menyesuaikan dengan hukum Islam yang diyakini, kosmetik dikatakan aman dipakai jika bahan-bahannya cruelty free atau tidak mengandung komposisi hewani dan tidak mengandung alkohol. Nah, berikut daftar kosmetik yang sudah mendapat sertifikat halal dari MUI.

1. Wardah Cosmetics


image source: Twitter/wardahbeauty

Wardah merupakan pelopor kosmetik halal di Indonesia. Sejak tahun 1998, brand kosmetik yang ikonik dengan warna toska ini telah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Seperti Wardah, brand kosmetik yang juga sama-sama bernaung di bawah PT Paragon Technology and Innovation (PTI) yaitu Make Over dan Emina juga telah mendapat sertifikasi halal MUI.
 


2. Sariayu


image source: Instagram/sariayu_mt

Hampir lima dekade lamanya jadi pelaku di industri kosmetik, Sariayu baru resmi mendapatkan label halalnya pada tahun 2012. Selain itu, Sariayu juga menerapkan Sistem Jaminan Halal dengan grade A yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik (LPPOM). Bersama Sariayu di bawah payung Martha Tilaar Group, brand seperti Caring by Biokos (dulu Caring Colours), Mirabella Cosmetics, Cempaka, dan PAC juga telah masuk dalam daftar kosmetik halal MUI.
 


5. ESQA


image source: Instagram/esqacosmetics

Produknya masuk ke Sephora, ESQA terbukti telah memenuhi standar kualitas internasional. Poin plusnya lagi, ESQA sudah tersertifikasi halal MUI. Mengusung konsep vegan, ESQA 100% menggunakan bahan yang aman bagi kulit. Kosmetik halal yang satu ini bebas paraben, gluten, triclosan, phthalates, dan sodium lauryl sulfate.
 



6. Safi


image source: Instagram/safiindonesia

Safi merupakan brand skincare asal negeri jiran, Malaysia. Safi masuk ke Indonesia sejak Maret 2018. Karena itu, Safi mengantongi sertifikat dari dua negara berbeda, yaitu jaminan halal dari JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia).
 


7. Silky Girl


image source: Instagram/silkygirl_id

Masih dari Malaysia, produk kosmetik yang ini juga telah disertifikasi halal oleh MUI. Brand kosmetik yang berada dalam naungan Alliance Cosmetics Group ini didirikan pada Juni 2005 dan kini telah tersebar ke negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura, Brunei, Indonesia, Kambija, Vietnam, Filipina, dan Myanmar. Silky Girl menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau, mulai dari lip cream, BB Cushion hingga eyeliner.
 


8. Mineral Botanica


image source: Instagram/mineralbotanica

Produk dari brand lokal Mineral Botanica telah terdaftar sebagai kosmetik halal MUI sejak tahun 2016. Selain itu, produk dari Mineral Botanica ini aman dan tidak mengantung zat berbahaya seperti Hydroquinone, Beta Arbuty dan Mercury.
 


9. La Tulipe


image source: Instagram/latulipecosmetiques_

Sertifikasi halal dari MUI untuk La Tulipe telah diberikan sejak tahun 2009. Brand lokal yang memiliki logo bunga tulip ini belakangan melakukan rebranding dengan mengubah kemasan lama ke kemasan yang lebih kekinian.
 


10. ZAM Cosmetics


image source: Istimewa

Tampak di setiap unggahannya, ZAM Cosmetics telah memiliki label halal dari MUI. Brand kosmetik milik artis Zaskia Adya Mecca ini hadir dalam kemasan minimalis dan produknya meliputi makeup maupun skincare.

Nah, itu tadi deretan kosmetik halal yang telah disertifikasi MUI. Kini, kamu tak perlu ragu lagi menggunakan produk kosmetik tersebut, Ladies.

Ladies
 bantu Beautynesia jadi lebih baik lagi dengan mengisi survei ini yuk!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id