sign up SIGN UP

MAKE-UP

Baru Belajar Makeup? Cari Tahu Tipsnya Yuk!

Ayuliy Lestari | Minggu, 24 Jan 2021 08:30 WIB
Baru Belajar Makeup? Cari Tahu Tipsnya Yuk!
caption

Sebenarnya merias wajah tidak serumit yang kamu bayangkan Ladies, asalkan kamu mengetahui urutan yang benar. Sebagai pemula, kamu bisa mencoba natural makeup terlebih dahulu karena lebih simple dan nanti, kamu pun bisa mengembangkannya sendiri.

Natural makeup bahkan sangat digemari karena look yang ditampilkan tidak berlebihan namun tetap membuat wajah terlihat flawless. Selain itu, juga aman untuk tahap belajar.

Penasaran apa saja urutan makeup yang benar dan tips-tipsnya? Simak yuk!

Concealer Adalah Step Awal

Belajar makeup untuk pemula
Concealer/Freepik.com

Concealer sama seperti corrector, jadi produk makeup yang satu ini wajib kamu miliki. Kamu bisa menyamarkan kekurangan pada wajah seperti mata panda, noda hitam atau bekas jerawat dengan concealer. Kamu bisa memakainya setelah menggunakan moisturizer dan sunblock, Ladies.

Jenis-jenis concealer memang cukup banyak, mulai dari liquid, cream, colour corrector hingga berbentuk stick dan powder. Kamu bisa menggunakan liquid concealer agar lebih mudah diaplikasikan.

Pilih Antara Foundation atau BB Cream

Belajar makeup untuk pemula
Makeup step/Freepik.com

Sebagai pemula, wajar jika kamu dibuat bingung antara foundation dan BB cream, padahal kamu bisa memilih salah satunya. Jika ingin hasil makeup yang lebih bold, high coverage dan tahan lama, kamu bisa memilih foundation. Sedangkan untuk tampilan sehari-hari yang ringan bisa menggunakan BB cream. Yang terpenting sesuaikan warna foundation atau BB cream dengan warna kulitmu.

Gunakan Bedak Setelah Foundation atau BB Cream

Belajar makeup untuk pemula
Face Powder/Freepik.com

Setalah foundation atau BB cream, kamu bisa memulaskan bedak. Untuk kulit yang normal dan cenderung kering, kamu bisa menggunakan bedak padat, sedangkan untuk kulit berminyak, lebih disarankan menggunakan bedak tabur karena bedak tabur bisa menahan lebih banyak minyak di wajah. Kamu juga perlu memilih warna bedak yang sesuai dengan kulit wajah.

Pilih Warna Blush On yang Tepat

Belajar makeup untuk pemula
Blushing/Freepik.com

Blush on juga masuk dalam daftar rekomendasi makeup untuk pemula. Makeup yang satu ini bisa membantu wajah terlihat lebih cerah. Kamu bisa memilih warna merah muda untuk kulit berwarna terang, sedangkan untuk kulit sawo matang, bisa menggunakan blush on berwarna oranye atau bata.

Hindari Pensil Alis dengan Warna Pekat

Belajar makeup untuk pemula
Eyebrow/Freepik.com

Pada tahap ini, kamu perlu memperhatikan pemilihan warna. Hindari pensil alis dengan warna yang terlalu pekat seperti hitam. Warna pekat membuat hasil gambar alis kamu tidak terlihat natural. Jika alis kamu berwarna hitam, kamu bisa pilih warna black brown agar warna yang dihasilkan lebih menyatu dan terlihat natural.

Pilih Warna Eyeshadow yang Natural

Belajar makeup untuk pemula
Eyeshadow/Freepik.com

Eyeshadow adalah salah satu makeup dasar yang wajib kamu miliki bahkan riasan mata yang satu ini bisa membuat penampilan kamu lebih memukau. Untuk pemula, sebaiknya pilih warna-warna natural dan soft seperti nude, cokelat, pink dan coral.

Eyeliner Hitam Lebih Disarankan

Belajar makeup untuk pemula
Eyeliner/Freepik.com

Eyeliner juga salah satu benda yang wajib kamu miliki. Bahkan jika sedang tidak banyak waktu untuk berdandan, kamu bisa mengaplikasikan lipstik dan eyeliner saja untuk mendapatkan look yang natural namun tetap dramatis.

Ada banyak jenis eyeliner yang bisa dipilih. Mulai dari jenis pensil, cair, spidol atau gel. Untuk warnanya, kamu bisa memilih warna hitam karena lebih netral dan cocok dengan beragam warna eyeshadow.

Pilih Lipstik yang Mengandung Pelembap

Belajar makeup untuk pemula
Lipstick/Freepik.com

Jika ingin look yang natural, kamu bisa memilih warna nude. Sedangkan jika ingin dramatis bisa memilih merah dan warna terang lainnya. Kamu juga bebas memilih jenis lipstik, mulai dari lipstick padat, cair, mousse dan lip tint.

Usahakan untuk memilih lipstik yang tidak membuat bibir kering. Jika kamu memiliki bibir yang mudah kering, bisa memilih lipstik dengan tambahan vitamin E dan pelembap agar tidak mudah pecah saat menggunakannya.

Nah, beberapa step makeup di atas adalah tahapan dasar yang perlu kamu pahami. Terus semangat ya, Ladies!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id