sign up SIGN UP

MAKE-UP

Beauty Tips: 7 Trik Memilih Makeup untuk Kulit Berjerawat

Tria Oktyana | Selasa, 26 Nov 2019 02:40 WIB
Beauty Tips: 7 Trik Memilih Makeup untuk Kulit Berjerawat
caption
Memiliki kulit berjerawat harus sangat berhati-hati saat menggunakan makeup. Untuk itu, simak 7 tips berikut ini.

Makeup adalah sahabat wanita. Tapi dalam penggunaan makeup kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan kulit kita. Termasuk yang memiliki kulit berjerawat tidak boleh sembarangan dalam memilih makeup. Inilah tips memilih makeup untuk kulit berjerawat.


Produk yang Mengandung Anti Bakteri




Foto: https://id.pinterest.com/comerblogaramar/

Dalam pemilihan makeup untuk bagian kulit yang berjerawat harus super berhati-hati. Kesalahan dalam memilih makeup dapat menyebabkan iritasi dan kulit jerawat semakin parah. Pilihlah makeup yang dapat membuat kulit berjerawat tidak iritasi dan tenang, sehingga makeup yang digunakan dapat menempel dengan sempurna.

Kamu juga dapat memilih makeup yang mengandung salicylic acid, kaolin, clay, zinc. Kandungan ini dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan membuat jerawat lebih cepat kering. 


Primer untuk Kulit Berjerawat




Foto: https://id.pinterest.com/robyngraywebb/

Sama halnya dengan foundation, primer digunakan untuk lapisan kulit luar wajah agar makeup bertahan lebih lama. Tapi untuk yang memiliki kulit berjerawat kita tak bisa menggunakan primer sembarangan. Wajib banget untuk memilih primer untuk kulit berjerawat. Hal ini dikarenakan primer untuk kulit berjerawat akan membuat jerawat aman dan makeup menempel dengan sempurna. 



Foundation Semi Matte




Foto: https://id.pinterest.com/carlajelens/

Apabila kamu penyuka hasil makeup matte ataupun glowy kamu harus sangat berhati-hati. Hal ini dikarenakan foundation dengan finish matte akan membuat jerawat semakin kering sehingga makeup akan terlihat tidak halus. Wanita yang memiliki kulit berjerawat juga harus menghindari foundation dewy, karena akan menambah bobot minyak wajah semakin berat dan jerawat akan bertambah lebih parah. So, pilihlah foundation dengan finish matte, agar tidak terlalu kering ataupun berminyak. 


No Highlighter




Foto: https://id.pinterest.com/kirasegi/

Penggunaan highlighter sedang hits sekarang ini, tapi sayangnya wanita yang memiliki kulit berjerawat harus menghindari item makeup satu ini. Hal ini dikarenakan penggunakan highlighter akan menyebabkan tampilan jerawat semakin jelas dan membuat tampilan makeup tidak rata. Bukan hanya highlighter, penggunaan bronzer pada bagian kulit yang berjerawat juga harus dihindari karena dapat membuat jerawat semakin kering dan tampilan jerawat semakin jelas. 


Color Corrector is Your Friend




Foto: https://id.pinterest.com/champayne427/

Untuk menutupi jerawat dengan sempurna kamu perlu menggunakan color corrector berwarna hijau. Hal ini dikarenakan warna hijau dapat menutupi jerawat berwarna merah sehingga saat mengaplikasikan concealer ataupun foundation jerawat akan dengan sempurna tertutupi. Sehingga tampilan makeup lebih sempurna. 


Jangan Menggunakan Makeup Berbahan Dasar Oil




Foto: https://id.pinterest.com/naddgol/

Tips makeup yang paling penting untuk kulit berjerawat adalah menghindari makeup dengan bahan dasar oil. Hal ini dikarenakan minyak dalam makeup dapat membuat peradangan jerawat semakin parah. Oleh karena itu pilihlah makeup yang menggunakan bahan dasar air, khususnya dalam memilih makeup yang dioleskan keseluruh lapisan kulit wajah seperti foundation, primer ataupun moisturizer. 


Gunakan Bedak Tabur




Foto: https://id.pinterest.com/kyliecosmetics/

Banyak keuntung menggunakan bedak tabur untuk kulit berjerawat. Tidak hanya untuk setting makeup, tetapi juga dapat menyerap minyak berlebihan di kulit wajah. Bedak tabur juga memiliki tekstur lebih ringan di kulit sehingga tidak membuat pori-pori wajah tersumbat dan membuat jerawat baru. Kelebihan bedak tabur juga adalah jarang menggunakan parfum atau bahan yang dapat membuat kulit iritasi.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id