sign up SIGN UP

MAKE-UP

Benarkah Sering Pakai Lipstik Sebabkan Bibir Hitam?

Lulu Lukyani | Rabu, 16 Jun 2021 19:30 WIB
Benarkah Sering Pakai Lipstik Sebabkan Bibir Hitam?
caption
Jakarta -

Menggunakan lipstik adalah cara menghilangkan bibir hitam secara cepat, mudah, dan praktis. Dengan lipstik, wajah akan tampak lebih cerah dan merona. Namun, banyak yang mengatakan bahwa terlalu sering memakai lipstik justru akan membuat bibir hitam atau gelap. Benarkah demikian? Apa kata ahli mengenai efek samping terlalu sering menggunakan lipstik?

Lipstik bikin bibir hitam?

Ilustrasi menggunakan pelembap bibir.
Ilustrasi menggunakan pelembap bibir/Freepik

Dilansir dari Wolipop, dr. Shinta Damayanti, SpKK, menjelaskan bahwa bibir hitam tidak selalu disebabkan oleh pemakaian lipstik. Namun, bibir hitam bisa disebabkan oleh kulit bibir yang sensitif terhadap bahan-bahan tertentu pada lipstik. “Bibir menggelap karena reaksi dari kulit yang tidak cocok dengan lipstiknya. Jadi, harus tau mana lipstik yang cocok untuk bibir,” ujar dr. Shinta.

Lebih lanjut, dr. Shinta mengatakan bahwa lipstik matte lebih rentan menyebabkan gejala alergi atau iritasi pada bibir. Untuk menyiasati hal ini, dr. Shinta lebih menyarankan untuk memakai lipstik yang teksturnya lembap, apalagi bagi pemilik bibir sensitif. “Lipstik dengan kandungan pelembap yang banyak lebih minim menimbulkan iritasi,” katanya.

Cara mengatasi bibir hitam akibat pemakaian lipstik adalah segera berhenti menggunakan lipstik tersebut. Selain mencari lipstik yang teksturnya lebih lembut dan lembap, rawatlah bibir dengan rutin menggunakan lip moisturizer dan lip mask. Perawatan bibir dengan bahan-bahan yang mengandung vitamin E adalah salah satu cara mengatasi bibir hitam secara efektif.

“Kalau penyebabnya karena lipstik tidak cocok, maka berhenti memakainya warna bibir akan kembali seperti semula,” ucap dr. Shinta. Namun, bagi yang memiliki bibir hitam akibat faktor keturunan, hal ini tentu lebih sulit diatasi hanya dengan pemakaian pelembap bibir. Jangan lupa untuk selalu membersihkan bibir setelah menggunakan lipstik. Rajin melakukan eksfoliasi dengan lip scrub juga akan membantu membuat bibir merah alami. Madu dan gula adalah bahan-bahan alami yang paling sering digunakan untuk eksfoliasi bibir.

Kedua bahan ini dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati di bibir dan membuatnya tampak lebih cerah dan tidak gelap. Jika ingin yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan produk lip scrub yang sudah banyak beredar di pasaran.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id