sign up SIGN UP

MAKE-UP

Biar Gak Belang, Ini Cara Memilih Concealer yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit

Retno Wulandari | Jumat, 01 May 2020 03:00 WIB
Biar Gak Belang, Ini Cara Memilih Concealer yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit
caption
Ladies, pemilihan makeup yang tepat memang menjadi kunci untuk mendapatkan hasil makeup yang sempurna. Nah, salah satu makeup yang tidak boleh kamu pilih sembarangan ialah concealer. Kira-kira apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih concealer yang tepat?

1. Perhatikan Tujuan Kamu




Foto: Istimewa

Sepele namun sering diabaikan oleh sebagian wanita, nyatanya menentukan tujuan menggunakan concealer merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan lho, Ladies. Berbeda tujuan, tentu saja berbeda juga jenis concealer yang kamu butuhkan. Secara umum, concealer terbagi menjadi 2 tujuan, yakni

        
  • Mencerahkan
Jika tujuan kamu memilih concealer untuk mencerahkan, pilihlah warna yang terang 1-2 tingkat dari warna kulit kamu, Ladies.
        
  • Menyamarkan

Nah untuk tujuan yang satu ini, kamu perlu memilih concealer yang berwarna serupa dengan warna kulit kamu agar mempermudah untuk menyamarkan permasalahan pada kulit wajah kamu.
 


2. Sesuaikan dengan Masalah Kulit




Foto: Istimewa

Seperti yang kita ketahui, concealer hadir dalam beberapa jenis dan memiliki formula yang berbeda untuk setiap permasalahan pada kulit wajah. Untuk tahap ini, terdapat 4 jenis concealer, yaitu:


        
  • Liquid Concealer
Liquid concealer atau concealer cair memiliki tekstur yang mudah dibaurkan di wajah dan terbilang sangat pas untuk semua masalah kulit, seperti mencerahkan kantung mata, menyamarkan bekas jerawat hingga menutupi jerawat.
        
  • Cream Concealer
Jenis concealer ini memiliki tekstur creamy sehingga cocok untuk mengatasi mata panda, bekas jerawat, atau kulit kemerahan, Ladies.
        
  • Stick Concealer
Nah jenis concealer ini biasanya digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat atau flek hitam di wajah.
        
  • Color Correcting Concealer

Sementara untuk concealer jenis ini digunakan untuk kamu yang memiliki masalah dengan warna kulit tidak merata, seperti kemerahan atau kantung mata yang hitam.

 


3. Sesuaikan dengan Jenis Kulit




Foto: Istimewa

Nah, selain menyesuaikan dengan masalah pada wajah, kamu juga perlu menyesuaikan dengan jenis kulit kamu, Ladies. Kulit kering dengan kulit yang cenderung berminyak tentu saja akan membutuhkan concealer yang memiliki formula berbeda untuk mengatasi permasalahan jenis kulit tersebut.

        
  • Kulit Kering
Untuk kamu yang memiliki kulit wajah kering, sebaiknya hindari menggunakan concealer yang memiliki hasil matte. Karena hasil matte akan membuat kulit wajah kamu semakin terlihat kering. Sebagai solusinya, kamu perlu menggunakan concealer dengan hasil akhir dewy atau satin ya.
        
  • Kulit Berminyak

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, hindari menggunakan cream atau stick concealer karena berpotensi menyebabkan pori-pori di wajah tersumbat. Sebaiknya kamu menggunakan liquid concealer yang memiliki tekstur ringan. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang memiliki kulit acne prone, Ladies.
 


4. Sesuaikan dengan Warna Kulit




Foto: Istimewa
        
  • Concealer berwarna oranye berfungsi untuk mengoreksi warna kebiruan pada area bawah mata.
  •     
  • Concealer hijau berfungsi untuk mengoreksi area kulit yang berwarna kemerahan.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id