sign up SIGN UP

MAKE-UP

Biar Kulit Tetap Sehat, Ini Tips Jaga Kebersihan Kosmetik

Henny Alifah | Selasa, 24 Dec 2019 06:55 WIB
Biar Kulit Tetap Sehat, Ini Tips Jaga Kebersihan Kosmetik
caption
Kosmetik yang kotor rawan terkontaminasi oleh bakteri dan jamur. Jika sudah demikian, maka produk kosmetik tersebut tidak aman lagi digunakan karena dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit. Agar tetap higienis, simak tips membersihkan kosmetik ini, yuk!

1. Pensil rias


image source: feely.jp

Pertama, tentang kebersihan kosmetik pensil rias. Mulai dari lip liner, eyeliner, pensil alis, dan semua kosmetik berbasis pensil lainnya. Cara paling sederhana untuk menjaga pensil rias tetap bersih yaitu dengan menajamkannya sebelum digunakan. Menggunakan rautan pensil rias, beberapa putaran cepat sudah cukup, kok. Jika pensil rias malah lepas dan bisa ditarik alih-alih menajam, maka tuangkan alkohol ke dalam wadah kecil, lalu celupkan ujung pensil ke dalam larutan selama 30 detik. Tunggu kering atau usap sampai kering dengan lembut menggunakan tisu bersih.
 


2. Lipstik


image source: dhresource.com

Penting dicatat, lipstik dengan tube logam lebih sedikit terkena bakteri daripada lipstik dengan tube plastik. Adapun untuk menjaga kebersihan kosmetik ini, semprotkan atau tuang rubbing alcohol pada bagian lipstik yang paling sering terekspos dan menyentuh kulit, lalu hapus dengan tisu bersih. Oh ya, tips jaga kebersihan kosmetik yang satu ini juga dapat diterapkan untuk membersihkan bagian leher botol foundation. Setelah itu, tunggu 24 jam terlebih dulu sebelum menggunakannya kembali. Secara rutin, bersihkan produk kosmetik yang satu ini setidaknya sebulan sekali, terutama jika kamu meminjamkan lipstik ke orang lain. Tapi baiknya memang kamu tidak berbagi lipstik dengan orang lain, ya.
 


5. Mascara & lip cream


image source: rankandstyle.com

Maskara dan lip cream dengan aplikator khususnya merupakan produk kosmetik yang tidak dapat dibersihkan. Jadi, ganti yang baru jika sudah kotor agar kamu tidak berakhir dengan infeksi. Kalau tidak, jika baunya normal, kamu mungkin bisa menyimpannya selama satu atau dua tahun.
 


6. Makeup bag & cases


image source: poshmark.com

Tas dan kasing tempat menyimpan makeup juga bisa jadi sangat kotor dengan cepat. Setiap dua kali sebulan atau setidaknya sekali sebulan, kamu perlu membersihkannya. Cukup bersihkan bagian dalam tas atau kantung dengan tisu antibakteri sampai sisa makeup hilang. Jangan menyeka bagian luar tas dengan tisu antibakteri kecuali kamu tahu bahwa itu tidak akan merusak lapisannya, ya. Lebih aman, seka bagian luarnya dengan kain lembab. Kalau menurutmu tas makeup tersebut masih penuh dengan kuman meski telah dibersihkan dengan tisu antibakteri, cukup masukkan ke dalam freezer semalaman. Udara dingin yang ekstrem akan menghancurkan kuman yang tertinggal.

Itu tadi tips jaga kebersihan kosmetik. Jangan lupa bersihkan juga alat bantu makeup lainnya seperti kuas, brush, atau spons secara berkala menggunakan sampo lembut atau produk pembersih khusus dan juga rubbing alcohol agar bakterinya hilang. Tak kalah penting untuk diingat, perhatikan tanggal kadaluarsa kosmetikmu, ya.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id