sign up SIGN UP

Cara Identifikasi Makeup dan Skincare Palsu di Toko Online

kotakisti | Rabu, 09 Jun 2021 09:00 WIB
Cara Identifikasi Makeup dan Skincare Palsu di Toko Online
caption
Jakarta -

Adanya toko online atau online shop memudahkan banyak orang untuk membeli barang incaran, termasuk produk kecantikan. Ladies bisa mudah pilih make up atau skincare sesuai kebutuhan tanpa perlu keluar rumah atau antre di toko kosmetik. Namun, Ladies wajib hati-hati saat berbelanja di online shop. Pasalnya kini makin marak kasus penipuan, salah satunya produk make up dan skincare palsu yang dijual bebas.

Nah, agar terhindar dari pembeli make up dan skincare palsu atau barang tiruan di online shop, berikut ini ada cara identifikasi serta tips belanja seru di toko online. Simak ulasannya ya!

Periksa Riwayat Toko Online Incaran

Make Up untuk wanita/Sumber:freepick.com
Make Up untuk wanita/Sumber:freepick.com

Toko online yang menjual produk kecantikan, baik makeup maupun skincare kini makin banyak. Sebelum membeli produk impian Ladies, pastikan toko online incaran memiliki riwayat yang bagus dan terpercaya. Caranya sangat mudah, Ladies bisa melihat hasil pencarian lewat search engine Google.

Jika reputasi toko baik, maka akan ada ulasan dari pembeli atau pelanggan serta informasi lainnya. Jika toko online terpercaya, mereka akan langsung muncul di halaman pertama mesin pencari.

Kenali Produk Incaran yang Akan Dibeli

Produk skincare/Sumber:Freepick.com
Produk skincare/Sumber:Freepick.com

Sudah punya incaran toko online untuk produk make-up dan skincare? Jangan asal beli dulu, Ladies! Pastikan jika kamu sudah mengenal produk yang akan dibeli. Setidaknya, kamu harus tahu brand, nama, kemasan, bentuk, serta harga.  Kebanyakan, kasus penipuan membuat iming iming harga yang jauh di bawah pasaran. Jika tak ingin barang palsu, sebaiknya bandingkan harga produk incaran kamu terlebih dahulu.

Perhatikan Foto Produk dan Deskripsi

Produk Lipstik/Sumber: Freepick.com
Produk Lipstik/Sumber: Freepick.com

Sebagian besar pembeli online terpacu dengan harga murah. Padahal hal tersebut bisa membuat kita mengalami kerugian. Selain membandingkan harga, nama produk juga penting untuk diperiksa. Pasalnya, ada pula kasus penipuan yang membuat barang tiruan dengan nama yang hampir mirip.

Meskipun tak bisa melihat langsung, kamu bisa cek nama produk serta kemasan dari foto. Pastikan pula membaca dengan teliti di deskripsi produk yang tertera di toko online incaran Ladies.

Baca Ulasan atau Testimoni

Wanita dengan produk kosmetik/Sumber:Freepick.com
Wanita dengan produk kosmetik/Sumber:Freepick.com

Untuk mendapatkan barang impian dan terhindar dari penipuan memang butuh kerja lebih ekstra. Ladies perlu hati-hati dan mengetahui toko online incaran benar-benar terpercaya atau tidak. Cara identifikasi toko online lainnya adalah membaca ulasan atau testimoni. Perhatikan alasan pembeli merasa puas atau kecewa. 

Jangan terlalu percaya dengan ulasan baik. Kamu wajib jeli karena ada toko online yang menggunakan ulasan palsu untuk mengelabui pembeli.  Kamu bisa cek nama user pembeli untuk memastikan ulasan yang dikirim asli atau mengada-ada.  

Belanja online memang mudah dan praktis. Harganya juga lebih miring dibandingkan perjuangan Ladies beli secara langsung di toko kosmetik. Namun, tetap saja Ladies wajib perhatikan hal-hal di atas agar puas belanja online. Pastinya tidak akan tertipu produk tipuan apalagi make-up dan skincare palsu yang dapat merugikan kita. 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id