sign up SIGN UP

MAKE-UP

Dibuang Sayang, Begini Cara Mengatasi Eyeliner yang Kering

Henny Alifah | Senin, 05 Apr 2021 12:30 WIB
Dibuang Sayang, Begini Cara Mengatasi Eyeliner yang Kering
caption

Eyeliner kering sebelum tanggal kedaluwarsa? Nyesek sampai ke ulu hati, pasti. Untungnya, eyeliner yang kering masih bisa diselamatkan, asal kamu tahu cara yang tepat. Seperti apa caranya?

Mulai dari eyeliner bentuk gel hingga spidol, ini dia cara mengatasi eyeliner kering yang bisa kamu coba.

1. Gel liner

Gel Liner
Gel Liner/ Foto: Instagram.com/cocoempties

Gel liner disukai karena sangat pigmented dan meluncur dengan sangat mulus ketika diaplikasikan. Masalahnya, eyeliner jenis ini mengering terlalu cepat begitu terkena udara.

Untuk mengatasinya, manfaatkan unscented oil favorit kamu. Caranya, basahi kuas liner dengan beberapa tetes minyak tanpa pewangi. Oleskan kuas tersebut ke dalam gel liner dan tutup jar rapat-rapat. Dalam lima menit, gel liner akan kembali seperti semula.

Sebagai rekomendasi, gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun yang memiliki konsistensi yang baik, tetapi mungkin aromanya sangat kuat sehingga membuat mata berair. Atau, gunakan tetes mata, teteskan ke dalam jar, lalu aduk dengan menggunakan tusuk gigi.

2. Cream liner

Cream liner
Cream Liner/ Foto: Elfcosmetics.com

Mengatasi cream liner yang kering itu agak rumit. Karena konsistensinya, cukup sulit untuk mengembalikannya seperti semula tanpa mengorbankan warna atau hasil akhirnya. Namun, coba tambahkan satu atau dua tetes body moisturizer tanpa pewangi ke wadah, lalu campur dengan menggunakan kuas liner. Kamu mungkin harus mengulangi proses ini setiap beberapa minggu sekali untuk memperpanjang masa pakai eyeliner krim.

3. Liquid liner

Liquid Liner
Liquid Liner/ Foto: Freepik.com

Tenang, liquid eyeliner yang kering juga masih bisa diselamatkan, lho. Pertama, pastikan aplikatornya tidak bermasalah. Kamu bisa mengeceknya dengan cara membilasnya secara menyeluruh pakai larutan contact lens. Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes makeup remover berbahan dasar alkohol ke dalam cairan liner, lalu kocok atau aduk rata, dan voila! Kamu bisa bikin lagi gaya cat eyes atau winged eyeliner yang cantik.

Jika ternyata larutannya sedikit terlalu encer, mungkin makeup remover dan liner belum tercampur dengan baik. Kocok atau aduk lagi untuk mencampurnya dengan lebih baik. Solusi ini juga bisa digunakan untuk maskara yang mengering.

4. Pencil liner

Pencil Liner
Pencil Liner/ Foto: Instagram.com/lacolorscosmetics

Jika pencil liner favoritmu tak lagi memberikan warna yang tegas meski sudah diraut, kemungkinan eyeliner ini telah mengering. Cara mengatasi eyeliner kering yang satu ini yaitu dengan menggunakan pengering rambut.

Pegang pensil sekitar satu kaki dari nozzle hair dryer, dan gerakkan pengering maju mundur sepanjang pensil. Ini akan secara konsisten menghangatkan produk dan melelehkannya sedikit. Dalam waktu sekitar tiga puluh detik, pencil liner bisa jadi seperti baru lagi.

5. Felt-tip liner

Felt-tip Liner
Felt-tip Liner/ Foto: Glossier.com

Terakhir, cara mengatasi eyeliner kering dari jenis felt-tip liner. Eyeliner spidol yang ini termasuk jenis eyeliner yang cepat mengering, bahkan terkadang hanya setelah beberapa kali penggunaan. Cara mengatasi felt-tip liner yang kering yaitu dengan menghidrasinya.

Untuk melakukannya, buka ujung liner (sebagian besar lepas sendiri atau dapat ditarik dengan pinset), tarik batangnya menggunakan sesuatu selain jari, karena jari bisa membuatnya berantakan. Kemudian masukkan ke dalam segelas air hangat selama sekitar setengah menit. Jika kamu tidak bisa mengeluarkan liner dari casing-nya, coba gunakan pipet yang sangat kecil, isi dengan air, dan desak masuk ke dalam, rehidrasi setetes demi setetes.

Selanjutnya, keluarkan batang dari air, keringkan dengan lembut, dan masukkan kembali ke dalam casing. Jika ujung liner retak atau tidak jelas karena mengering, kamu bisa memotongnya dengan gunting kuku supaya dapat kembali menghasilkan garis halus yang bagus.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id