sign up SIGN UP

MAKE-UP

Duh Seram, Ini 5 Bahaya Tidak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur!

Rumaysha Milhania | Minggu, 15 Oct 2017 12:00 WIB
Duh Seram, Ini 5 Bahaya Tidak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur!
caption
Seharian bekerja atau kuliah seringkali membuat kamu malas untuk membersihkan make up. Memang sih, make up yang dibawa tidur memang seperti hilang dengan sendirinya dan wajah terlihat bersih di pagi hari. Namun, kemana make up itu pergi? Simak bahaya make up yang tidak dibersihkan saat tidur berikut ini!


 


1. Pori-pori tersumbat

Make up yang dibiarkan dan tidak dibersihkan saat malam hari akan menyerap bersamaan dengan produksi minyak pada kulit wajah. Kotoran akan masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya. Inilah yang pada akhirnya menimbulkan munculnya komedo, jerawat, hingga terjadinya peradangan pada kulit.


Foto: https://www.vebma.com/kesehatan/Masih-Malas-Membersihkan-Make-Up-Diwajah-Setelah-Lihat-Ini/4792


 



2. Iritasi dan infeksi

Kandungan bahan kimia pada make up lambat laun akan menyerap jika kamu tidak membersihkannya dengan baik. Jika terkena paparan udara dan polusi, kulit yang sudah terinfeksi bahan kimia akan menjadi mudah iritasi dan meradang.


Foto: https://www.deherba.com/peradangan-kulit-dermatitis-perioral-bagaimana-cara-mengobati-dan-mencegahnya.html


 


3. Kulit dan bibir menjadi kering, kusam, serta menggelap

Kandungan kimia pada alat make up juga berbahaya sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering, kusam, dan menggelap. Tanpa disadari kamu merusak penampilanmu dengan membiarkan make up terpasang tanpa membersihkannya dengan baik.


Foto: https://obatuntukbibirpecahpecah.wordpress.com/


 


4. Mata gatal dan bulu mata rontok

Area mata juga akan mendapatkan dampaknya. Mulai dari mata yang merasa gatal karena kuman dan bakteri mungkin saja masuk ke area mata. Ditambah lagi dengan bulu mata yang rontok akibat maskara dan lem bulu mata yang menempel terlalu lama.


Foto: https://www.bintang.com/beauty/read/2445369/bulu-mata-sering-rontok-ini-dia-penyebabnya


 


5. Rusaknya sel kulit wajah

Terakhir, inilah dampak yang paling berbahaya, yaitu rusaknya sel kulit wajah. Kandungan bahan kimia pada make up dapat berdampak langsung pada jaringan dan sel kulit wajah. Akibat paling ringan yang mungkin terjadi adalah penuaan dini dan akibat paling parah adalah kanker kulit. 


Foto: https://melindahospital.com/artikel/3640/Perawatan-Tubuh-Ini-Memicu-Penuaan-Dini-Loh.html

Nah, itulah akibat dari malas membersikan make up sebelum tidur. Bahaya make up memang selalu mengancam. Namun, melakukan perawatan dan menjaga kebersihan dapat meminimalkan risiko yang mungkin terjadi.

 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id