sign up SIGN UP

MAKE-UP

Foundation Kamu Sering Oksidasi? Simak Tips Pencegahannya Berikut ini!

Ika Dyah | Kamis, 22 Nov 2018 13:30 WIB
Foundation Kamu Sering Oksidasi? Simak Tips Pencegahannya Berikut ini!
caption
Mungkin kamu pernah sebel gara-gara foundation oksidasi? Kondisi di mana kulit menjadi gelap setelah memakai foundation dalam beberapa jam. Oleh karena itu, selain memilih dan mencoba tester saat membeli di toko kosmetik, sebaiknya kamu juga harus perhatikan tips-tips berikut ini agar foundation yang kamu pakai tidak teroksidasi.

Gunakan Skincare yang Bisa Menyeimbangkan Kadar pH Kulit


Kadar pH kulit wajah yang terlalu rendah atau tinggi bisa jadi penyebab foundation oksidasi. Jika pH kulit berada dalam kadar asam, maka foundation akan cenderung mengalami oksidasi. Untuk mendapatkan pH kulit normal, yakni 5,5 kamu bisa menggunakan skincare yang dapat menyeimbangkan pH kulit, misalnya dengan penggunaan cuka apel sebagai toner.


Foto: https://www.vogue.co.th

Selain itu kamu juga bisa memilih cleanser yang kadar pH-nya sesuai untuk kulit. Jadi apapun foundation terbaik yang kamu pilih, jika pH kulit tidak seimbang maka foundation yang dipakai akan mudah mengalami oksidasi.


Blot Wajah Sebelum dan Sesudah Menggunakan Foundation


Selain pH kulit, minyak di wajah juga menjadi penyebab foundation oksidasi. Oleh karena itu gunakan blotting paper atau tisu wajah untuk menyerap kelebihan minyak setelah menggunakan pelembab dan sebelum kamu mengaplikasikan foundation terbaik pilihanmu.


Foto: https://journal.sociolla.com

Caranya:

        
  • Aplikasikan pelembab, dan beri jeda 15 - 20 menit agar pelembab terserap dengan sempurna.
  •     
  • Kemudian blot wajah menggunakan blotting paper atau tisu wajah.
  •     
  • Aplikasikan foundation seperti biasa.
  •     
  • Blot kembali wajah kamu menggunakan blotting paper atau tisu wajah.

Gunakan Silicone Based Primer


Jika cara di atas masih membuat foundation oksidasi, maka aplikasikan primer sebelum foundation. Tak hanya membuat makeup yang dipakai tetap matte dan lebih tahan lama, primer juga mencegah foundation mengalami oksidasi.


Foto: https://www.beautylish.com

Hal ini dikarenakan, primer bertindak sebagai perantara antara kulit wajah dengan foundation, sehingga foundation tidak langsung terkena wajah dan tidak akan bereaksi dengan minyak wajah. Disarankan kamu memilih silicone-based primer karena mampu membuat lapisan perantara yang baik pada wajah sehingga paling ampuh untuk mencegah foundation teroksidasi.


Gunakan Foundation dengan Shade yang Lebih Terang


Jika selama ini kamu terpaku haga foundation yang mahal berarti itu adalah foundation terbaik dan bebas oksidasi, maka sekarang jangan berikiran seperti itu lagi. Harga foundation bukanlah penentu apakah foundation tersebut bagus atau tidak di kulit kamu. Selain memilih foundation yang tepat, kamu juga perlu memilih foundation dengan shade yang lebih terang.


Foto: https://journal.sociolla.com

Hal ini sebagai antisipasi jika oksidasi terjadi, warnanya yang menggelap bisa menyesuaikan tone kulit wajah kamu. Jika foundation tersebut masih terlihat putih, maka kamu bisa menetralkannya dengan menggunakan warna bedak yang lebih gelap atau mengaplikasikan bronzer.


Kocok Foundation dengan Baik Sebelum Digunakan


Hal lain yang bisa mencegah foundation teroksidasi adalah mengocok dengan baik foundation sebelum dipakai (untuk liquid foundation). Hal ini bertujuan agar semua kandungan dalam foundation tercampur dengan rata. Kandungan atau bahan-bahan yang tidak tercampur rata dapat menyebabkan munculnya reaksi antar bahan yang berujung oksidasi ada foundation.


Foto: https://elle.co.id

Kunci Foundation dengan Translucent Powder


Jika kamu sudah mengalikasikan dan meratakan foundation, segeralah kunci foundation dengan translucent powder. Setting make up dengan translucent powder akan mengunci foundation agar tidak mudah luntur sekaligus dapat menyerap kelebihan minyak yang dapat menyebabkan oksidasi.

 


Foto: https://fr.feelunique.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id