sign up SIGN UP

MAKE-UP

Gesit Cuma 5 Menit, Begini Cara Pakai Blush On untuk Pemula

Nurul Khasanah | Senin, 09 Sep 2019 12:00 WIB
Gesit Cuma 5 Menit, Begini Cara Pakai Blush On untuk Pemula
caption
Tidak perlu bingung, begini cara pakai blush on bagi pemula. Simak yuk!

Bagi semua wanita, memiliki pipi merona menjadi salah satu bagian yang tak pernah luput dari perhatian. Blush on menciptakan ilusi optik, membuatmu tidak terlihat lelah dan pipi tampak lebih halus. Blush on dapat membuat wajah tampak lebih segar selama kamu bisa mengaplikasikannya dengan benar.  Bagi pemula yang belum mahir ber-makeup, memakai blush on mungkin akan memakan waktu cukup lama. dari pada salah, yuk ikuti tips pakai blush on untuk pemula berikut!


1. Kenali Jenis dan Formula Blush On


Foto: Istimewa
Image : pixabay.comhttps://pixabay.com/

Tips makeup pemula yang pertama yaitu kenali berbagai jenis dan formula blush on. Pemilihan blush on yang sesuai dengan jenis wajah yang akan membuat perona di pipimu bertahan lebih lama. Jika wajahmu cenderung kering, lebih baik gunakan cream blush on karena dapat membantu memberikan kelembapan pada kulit. Untuk kulit berminyak, blusher dalam bentuk gel atau liquid sangat direkomendasikan karena  jauh tahan lebih lama. Sedangkan untuk jenis wajah normal dapat menggunakan semua jenis blush on.

Powder blush on mungkin menjadi salah satu jenis yang paling umum dan banyak digunakan. Blush on jenis powder atau bubuk bisa jadi pilihan utama untuk kamu yang baru mulai belajar makeup. Selain hasilnya yang terlihat natural, blush on jenis ini cenderung mudah dikoreksi saat terjadi kesalahan. Sapukan blush on di puncak tulang pipi dan baurkan dengan kuas makeup. Karena mudah dibersihkan, blush on jenis ini pada umumnya tidak tahan lama. Kamu perlu rajin touch up saat menggunakannya. 



2. Pilih Warna yang Tepat


Foto: Istimewa
Image : pixabay,comhttps://pixabay.com/

Cara makeup blush on sama seperti pemilihan foundation, concealer, atau pun face powder, pemilihan warna blush on juga harus memperhatikan warna kulit. Untuk warna kulit cenderung terang, ada tiga pilihan warna blush on yang bisa dipilih, yaitu soft pink (merah muda yang lembut), light coral (krem agak terang), dan peach (jingga terang). Kulitmu yang terang tak perlu menggunakan blush on dengan warna mencolok untuk membuat wajah tampak lebih segar.

Punya warna kulit cenderung cokelat? Kamu bisa memilih blush on warna rich pink (merah muda yang lebih terang), warm mauve (merah muda keunguan), dan deep peach (jingga gelap). Warna-warna tersebut bisa menonjolkan kesan hangat rona wajahmu. Jangan minder untuk kamu yang berkulit sawo matang, warna blush on deep fuchia (merah muda cerah), warm brown (cokelat gelap), dan tangerine (jingga/oranye) akan membuat wajah tampak lebih cerah merona.


3. Satu atau Dua Sentuhan Blush On


Foto: Istimewa
Image : pixabay.comhttps://pixabay.com/

Perlihatkan perona pipimu, jangan buat hanya berbaur dengan foundation saja. Satu atau dua kali sentuhan cukup bagi pemula agar terlihat lebih natural. Jika kamu ingin tampilan akhir yang terkesan dewy dan tahan lama tanpa perlu sering-sering touch up, coba pilih cream blush atau stain blush. Terutama untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering dan normal.

Cara pengaplikasiannya juga tergolong mudah, lho. Keduanya bisa digunakan dengan memanfaatkan jari tangan. Sapukan cream blush pada tulang pipi, lalu baurkan dengan dengan cara menepuk secara lembut mengarah ke telinga. Aplikasikan blush sedikit demi sedikit dan ratakan sampai hasilnya terlihat membaur dengan kulit wajah. Namun, jika kamu mencoba jenis stain blush, sebenarnya pengaplikasiannya lebih challenging untuk pemula karena teksturnya yang cenderung cair dan cepat mengering. Baurkan dengan cara menepuk lembut secara cepat, ya.


4. Arahkan Blush On Sesuai Bentuk Wajah


Foto: Istimewa
Image : pinterest.comhttps://id.pinterest.com/

Bagi wajah yang bulat, sapukan blush on sepanjang tulang pipi agar terlihat lebih tirus. Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika menggunakan blush on sebaiknya tersenyum. Tapi ketika tersenyum, pipi justru akan naik sehingga hasil blush on kurang maksimal karena blush on malah berada di bawah. Sebaiknya aplikasikan blush on dengan bibir mengerucut untuk menemukan kontur tulang sehingga kamu bisa melihat bagian tengah pipi.

Kemudian kamu bisa memulas blush on
dari tengah pipi dan sapukan ke arah atas (kira-kira sampai sudut atas kuping). Bagi kamu yang memiliki wajah hati, oleskan blush on dibawah apel (bagian terkecil) dari pipimu dan ratakan ke garis rambut. Sedangkan bagi kamu yang memiliki bentuk wajah panjang, bulatkan blush on dibawah apel pipi, tetapi jangan keluar sampai pelipis. Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa memberikan garis terlebih dahulu.

Bagi pemula tidak perlu panik  jika saat memakai blush on-nya berlebihan atau kelewatan dari garis senyum. Tidak harus diulang dari awal lagi, tips makeup pemula ini akan membantu kamu. Caranya cukup gunakan spons makeup bersih atau beauty blender, bersihkan area sekitar blush on yang berlebih dengan cara ditekan-tekan lembut. Sapukan bedak tabur agar complexion tidak belang dan terlihat rata.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id