sign up SIGN UP

Hati-Hati! Ini Bahaya Menggunakan Make Up yang Sudah Kadaluarsa

aqillah diaz | Selasa, 06 Jul 2021 09:00 WIB
Hati-Hati! Ini Bahaya Menggunakan Make Up yang Sudah Kadaluarsa
caption
Jakarta -

Make up menjadi salah satu barang yang wajib digunakan bagi para perempuan untuk membuat penampilan lebih menarik. Namun, banyak perempuan yang tidak memperhatikan atau lupa kapan pertama kali ia menggunakan make up tersebut. Hal itu menjadi salah satu masalah karena bisa saja make up yang digunakan sudah kadaluarsa. Make up yang sudah kadaluarsa dapat membahayakan kulit, bahkan bisa membuat kulit iritasi dan infeksi.

Bagi kalian para perempuan yang suka menggunakan make up, ada baiknya untuk selalu berhati-hati ya. Berikut beberapa penjelasan mengenai bahaya menggunakan make up kadaluarsa.

Dapat Memunculkan Jerawat

acne skin (sumber : freepik)
acne skin (sumber : freepik)

Penggunaan make up kadaluarsa dapat menimbulkan masalah, yakni salah satunya adalah munculnya jerawat. Produk seperti foundation dan blush on yang memiliki kandungan minyak jika kalian gunakan ketika kadaluarsa akan membuat pori-pori jadi tersumbat dan menyebabkan minyak yang menggumpal pada wajah sehingga dapat muncul jerawat. So, lebih berhati-hati dan coba ingat kapan kalian pertama kali membeli ya, Beauties!

Membuat Kulit Iritasi

skin irritation (sumber : freepik)
skin irritation (sumber : freepik)

Selain dapat memunculkan jerawat, ternyata bahaya lain yang bisa ditimbulkan adalah dapat membuat kulit iritasi. Biasanya kulit kalian akan menjadi merah-merah dan mengalami reaksi alergi jika menggunakan produk kadaluarsa. Produk kadaluarsa memiliki bakteri yang banyak dan dapat membuat kulit iritasi. Tiap orang pasti mengalami iritasi yang berbeda dan iritasi juga bentuknya bermacam-macam, bahkan ada yang bisa membuat kulit kalian panas, lho. 

Bibir Bisa Menjadi Bengkak

Jika kalian menggunakan produk untuk bibir maka kalian juga harus memperhatikan kapan tanggal kadaluarsanya, ya. Biasanya produk untuk bibir tidak terlihat banyak perubahan saat sudah kadaluarsa. Oleh karena itu, kalian harus lebih berhati-hati agar bibir kalian tidak kering dan pecah-pecah, sehingga dapat membuat bibir menjadi bengkak. 

Infeksi Mata

eye infection (sumber : freepik)
eye infection (sumber : freepik)

Produk mata seperti eye liner, mascara, dan lainnya tentunya bisa membuat mata kalian lebih terlihat cantik, bukan? Perlu diingat bahwa produk cair memiliki kadaluarsa lebih cepat daripada produk make up padat. Oleh karena itu jika kalian menggunakan produk kadaluarsa untuk mata dan mata kalian berair atau perih, segera hentikan pemakaiannya ya, Beauties!

Well, itu adalah beberapa bahaya jika kalian menggunakan make up kadaluarsa. Pastikan kalian mengecek expired date make up kalian, ya!

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id