sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hati-Hati, Ini Risiko Sulam Bibir yang Harus Kamu Antisipasi

Rumaysha Milhania | Rabu, 16 Sep 2020 13:00 WIB
Hati-Hati, Ini Risiko Sulam Bibir yang Harus Kamu Antisipasi
caption
Jakarta -

Sulam bibir belakangan ini menjadi salah satu treatment kecantikan yang digemari para wanita. Pasalnya, perawatan ini dapat dengan instan membuat bibir terlihat lebih bervolume, segar dengan rona merah yang terkesan alami. Bahkan, banyak dikatakan bahwa efek dari sulam bibir ini bisa bertahan karena proses tato yang menanam pigmen warna pada bibir. Akan tetapi, meskipun dikatakan permanen, warna pada bibir yang disulam akan hilang seiring berjalannya waktu dalam periode waktu tertentu.

Sulam bibir belakangan ini menjadi salah satu treatment kecantikan yang digemari para wanita.
Sulam Bibir/ Sumber: Freepik.com

Selain itu, kamu juga harus memahami bahwa melakukan perawatan sulam bibir berarti kamu juga harus memperhatikan betul perawatan untuk bibir kamu. Salah satunya dengan rutin mengaplikasikan pigmen warna untuk membuat rona merah semakin terlihat. Namun, pahami juga bahwa ada beberapa risiko yang mengintai untuk treatment kecantikan yang satu ini. Beberapa diantaranya adalah: 

Bibir Bengkak

Jarum yang digunakan untuk memasukkan pigmen warna pada bibir dapat menyebabkan lubang kecil di kulit. Inilah yang akhirnya akan menyebabkan reaksi bengkak dari lubang-lubang yang muncul itu. Namun, kamu sebenarnya bisa meredakannya dengan mengompres bibir setelah menjalani treatment. Dengan kata lain, berikan jeda 2-3 hari di rumah untuk memastikan bibirmu tidak bengkak saat pergi. 

Sebagai salah satu treatment yang menggunakan alat-alat medis, seperti jarum suntik dan lain sebagainya, sulam bibir juga dapat berisiko menyebabkan infeksi.
Sulam Bibir/ Sumber: Freepik.com

Risiko Infeksi

Sebagai salah satu treatment yang menggunakan alat-alat medis, seperti jarum suntik dan lain sebagainya, sulam bibir juga dapat berisiko menyebabkan infeksi. Itulah sebabnya sangat penting untuk memastikan bahwa semua alat sudah disterilkan sebelum digunakan. 

Meninggalkan Bekas Luka

Luka bekas treatment sulam bibir yang tidak kunjung sembuh ternyata juga berisiko meninggalkan bekas luka. Bekas luka ini kerap kali sulit hilang dan malah  akan mengganggu penampilan bibirmu.

Reaksi Alergi 

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif dapat mengalami reaksi alergi saat melakukan sulam bibir. Mengingat bibir adalah salah satu bagian di wajah yang sensitif, sulam pada bibir sangat mudah menyebabkan reaksi alergi. Alergi pada sula bibir dapat ditandai dengan munculnya rasa gatal, ruam, atau gatal-gatal. Jika kamu memiliki kulit yang super sensitif, pergilah ke dokter kecantikan untuk memintanya melakukan treatment menggunakan pigmen warna yang nonallergenic.

Jika kamu memiliki kulit yang super sensitif, pergilah ke dokter kecantikan untuk memintanya melakukan treatment menggunakan pigmen warna yang nonallergenic.
Risiko Sulam Bibir/ Sumber: Freepik.com

Risiko Infeksi Penyakit Menular

Berbagai penyakit menular, seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV dapat berisiko tersebar melalui proses treatment sulam bibir. Pasalnya, penggunaan jarum suntik yang tidak steril dapat menyebabkan penularan penyakit-penyakit ini melalui darah. 

Nah, itulah beberapa risiko yang harus kamu antisipasi untuk treatment sulam bibir. Semoga informasi ini dapat menambah informasi sebelum kamu memutuskan untuk melakukan sulam bibir.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id