sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hati-hati, Inilah Bahan-bahan Berbahaya dalam Produk Skin Care yang Wajib kamu Hindari!

Serlina | Sabtu, 22 Sep 2018 13:30 WIB
Hati-hati, Inilah Bahan-bahan Berbahaya dalam Produk Skin Care yang Wajib kamu Hindari!
caption
Melakukan perawatan muka menggunakan produk skin care merupakan kegiatan yang dilakukan oleh hampir seluruh orang di belahan dunia manapun. Bahkan, tidak sedikit orang-orang yang menggunakan berbagai jenis produk skin care dalam skin care routine mereka. Namun, perlu kamu ketahui, ada sejumlah bahan-bahan kimia berbahaya yang seriingkali terkandung dalam produk skincare, lho. So yeah, kali ini kita akan membahas sejumlah bahan kimia berbahaya yang dapat terkandung dalam produk skin care. Apa sajakah itu? Yuk simak selengkapnya hanya di aritkel ini!



Paraben
Well well well, paraben merupakan bahan kimia yang terkenal banget di kalangan beauty enthusiast. Banyak banget produk perawatan muka dan skin care baik skin care lokal maupun luar negri yang mengandung bahan kimia berbahaya satu ini, ladies. For your info, pada dasarnya, paraben merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman dalam produk skincare sehingga produk tersebut dapat awet. Tetapi, paraben yang terserap oleh kulit kamu dapat meningkatkan risiko munculkan kanker payudara, lho! So, lebih baik kamu segera menghindari penggunakan skin care berparaben dalam skin care routine kamu, Beautynesian.
 


Foto: https://www.youtube.com/



 
Phthalates
Phthalates yang sering didapatkan dalam pelembab kulit juga termasuk bahan kimia berbahaya yang wajib kamu hindari. Bahan kimia ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara serta mengganggu system reproduksi dan meningkatkan risiko kemandulan baik bagi pria maupun wanita, Beautynesian.
 


Foto: https://www.glamour.com/



Sodium Lauryl Sulfate (SLS)
Bahan kimia berbahaya lainnya adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang sering ditemukan dalam produk skin care yang berbusa. Perlu kamu ketahui, SLS ini dapat berinteraksi dengan bahan lainnya membentuk nitrosamines yang dapat menimbulkan kerusakan ginjal dan system pernafasan kamu, lho!
 



Foto: https://intothegloss.com/



Propylene Glycol
Ada pula Propylene Glycol yang dapat menimbulkan dermatitis dan gatal-gatal pada kulit. Bahan kimia ini biasanya dapat kamu temukan dalam sejumlah produk perawatan muka, seperti tabir surya dan krim wajah.
 


Foto: https://fashionandfrills.com/



Formaldehyde
Formaldehyde yang kerap ditemukan dalam produk skincare juga mempunyai fungsi yang sama dengan paraben yaitu untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Tetapi, di sisi lain, bahan kimia ini berhubungan erat dengan kanker nasofaring. Selain itu, formaldehyde ini juga bisa menimbulkan alergi kulit serta menggangu system imun tubuh, lho!
 


Foto: https://www.birchbox.com/



Beberapa Bahan Kimia dalam Tabir Surya
Tabir surya memang dapat melindungi kulit wajah kamu dari bahaya sinar matahari, ladies. Tetapi, tidak sedikit tabir surya yang mengandung sejumlah bahan kimia berbahaya seperti PABA, abobenzone, benzopheonone, dan homosalate. Bahan kimia berbahay ini dapat menimbulkan kerusakan cell dan merangsang sel kanker dalam tubuh kamu, ladies!
 


Foto: https://blog.moonberry.com/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id