sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hindari 5 Bahan dalam Make Up Ini Jika Memiliki Kulit Kering

Intan Dwi | Rabu, 06 Jan 2021 16:00 WIB
Hindari 5 Bahan dalam Make Up Ini Jika Memiliki Kulit Kering
caption
Jakarta -

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda dan perjuangan untuk menemukan produk skincare atau make up yang cocok tentu bukan hal yang mudah. Khususnya untuk kulit kering harus menggunakan produk dengan bahan-bahan yang menghidrasi atau melembapkan.

Karena kalau si kulit kering menggunakan produk dengan bahan-bahan yang tidak seharusnya digunakan bisa menyebabkan iritasi dan alergi. Berikut ini ada lima bahan kandungan dalam make up yang harus dihindari oleh pemilik kulit kering.

Fragrances

Meskipun pewangi sintetis dan alami sering ditambahkan ke produk untuk membuatnya harum, tetapi pewangi tersebut bisa merusak kalau kamu memiliki kulit sensitif atau kering.
Fragrances/instagram.com/maccosmetics

Meskipun pewangi sintetis dan alami sering ditambahkan ke produk untuk membuatnya harum, tetapi pewangi tersebut bisa merusak kalau kamu memiliki kulit sensitif atau kering. karena kulit kering dan sensitif kiamu itu menganggap pewangi sebagai bahan iritan.

Para ahli kecantikan pun merekomendasikan untuk menghindari produk yang memiliki tambahan fragrances apapun jenis kulit kamu. Karena fragrances merupakan penyebab iritasi kulit yang umum dan dapat mengiritasi kulit kering dan memicu timbulnya eksim.

Salicylic Acid

Salicylic acid sendiri bahan yang dapat mengeringkan dan sering digunakan untuk melawan kondisi kulit berminyak seperti jerawat.
Salicylic Acid/pexels.com

Bahan ini umumnya ditemukan dalam kandungan produk skincare yang dikhususkan untuk mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat. Tapi lebih baik untuk menghindari salicylic acid dalam riasan jika kamu memiliki kulit kering.

Karena bahan tersebut pada akhirnya akan menyebabkan lebih banyak kekeringan pada kulit kamu. Salicylic acid sendiri bahan yang dapat mengeringkan dan sering digunakan untuk melawan kondisi kulit berminyak seperti jerawat.

Parabens

Parabens sendiri merupakan pengawet dan bahan sintetis yang ditambahkan ke produk yang dimaksudkan untuk memperpanjang umur simpannya.
Parabens/pexels.com

Paraben banyak disebutkan dalam hal-hal kecantikan, seperti “bersih” dan “alami”. Parabens sendiri merupakan pengawet dan bahan sintetis yang ditambahkan ke produk yang dimaksudkan untuk memperpanjang umur simpannya. Bahan ini membuat mereka yang memiliki kulit kering lebih rentan terhadap iritasi dan alergi.

Alkohol

Bahan ini dapat muncul di produk kamu dalam beberapa bentuk, jadi kamu harus perhatikan.
Alkohol/unsplash.com

Bahan ini dapat muncul di produk kamu dalam beberapa bentuk, jadi kamu harus perhatikan. Alkohol SD, Alkohol Terdenaturasi atau Alkohoi Isopropol, semuanya adalah istilah yang harus diperhatikan. Karena kesamaan dalam masing-masing istilah tersebut adalah bahan yang mengering di kulit.

Kamu juga akan sering menemukannya pada label make up yang juga terdapat manfaat, seperti ‘cepat kering atau hasil akhir matte’. Terlebih lagi, alkohol ini adalah bahan yang pemicu umum eksim, rosacea dan psoriasis.

Glycolic Acid

Meskipun penting untuk menjaga sel kulit mati, tapi untuk yang memiliki kulit kering kamu tidak memerlukan glycolic acid dalam formula make up kamu.
Glycolic Acid/pexels.com

Para ahli kecantikan juga menyarankan untuk menghindari glycolic acid yang merupakan chemical exfoliant yang umumnya digunakan untuk membersihkan komedo dan pori-pori yang tersumbat. Meskipun penting untuk menjaga sel kulit mati, tapi untuk yang memiliki kulit kering kamu tidak memerlukan glycolic acid dalam formula make up kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id