sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hindari Bahan Kosmetik Penyebab Alergi Kulit Berikut Ini, ya!

Izzul Millati Umami | Sabtu, 19 Sep 2020 18:00 WIB
Hindari Bahan Kosmetik Penyebab Alergi Kulit Berikut Ini, ya!
caption
Jakarta -

Ladies, alergi kosmetik merupakan salah satu hal yang bisa membuat kenyamanan berkurang dari biasanya. Pemilihan produk yang kurang sesuai dengan kondisi kulit bisa membuat kanker dan bermacam-macam penyakit lain. Itulah kenapa sebaiknya Ladies wajib banget untuk selektif dalam pemilihan produk. 

Nah, bila ingin alergi kulit tidak menimpa Ladies, cobalah untuk menghindari berbagai macam jenis bahan-bahan berikut ini, ya:


Rhodamin B

Alergi kulit
Alergi kulit/sumber:pixabay.com

Zat pewarna bernama Rhodamin merupakan salah satu penyebab penyakit kulit. Bila zat ini tercampur akan sangat sulit dihilangkan. Zat ini sangat membahayakan kulit bila terhirup dan masuk ke dalam mata. Bila semua ini terjadi, maka akan terjadi bahaya di saluran pernafasan seperti kulit, mata dan terjadi resiko kanker hati. 

Hidrokuinion

Obat keras ini memang bisa mencegah penggelapan pada kulit. Sayangnya, bahan ini sangat tidak direkomendasikan karena tidak aman. Penggunaan hidrokuinon dalam jangka waktu yang lama bisa mengakibatkan kulit terbakar. Di beberapa kasus, hidroquinon bisa mengakibatkan pigmen kulit menghilang. 

Asam Retinoat

Asam retinoat
Asam retinoat/sumber:pixabay.com

Asam retinoat banyak ditemukan dalam produk skincare. Jenis skincare yang menggunakan asam retinoat adalah obat-obat untuk menghilangkan bekas terbakar, jerawat, dan pencerah kulit. Sayangnya, untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, asam ini akan sangat berbahaya. 

Nah, 3 jenis bahan di atas sangat tidak rekomended bila ingin menghindarkan diri dari alergi kulit. Untuk itu, bila sudah terlanjur ada gejala, sebaiknya lakukan tindakan berikut:

Istirahat dulu dari pemakaian make up

Pemakaian make up yang kurang tepat bisa membuat pori-pori wajah susah untuk bernafas. Bila sudah terlanjur, ada baiknya untuk mengurangi pemakaian make up yang mengakibatkan iritasi tersebut

Kedepannya, gunakan tester terlebih dahulu

Tester terlebih dahulu
Tester terlebih dahulu/sumber:pixabay.com

Agar produk yang dibeli tidak sia-sia, ke depannya usahakan untuk mencoba versi tester maupun share in jar terlebih dahulu. Sangat disayangkan bila produk yang digunakan terbuang sia-sia karena nggak cocok dengan kulit. 

Bila sudah cocok dengan suatu produk, coba produk lain dengan bahan yang sama

Tak mengapa mencoba produk lain. Namun, Ladies juga harus mengerti untuk menghindari skincare yang memicu alergi. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id