sign up SIGN UP

MAKE-UP

Hindari Makeup dengan Bahan-Bahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Jerawatan

Yesinia Agnesaputri | Jumat, 14 Oct 2016 05:30 WIB
Hindari Makeup dengan Bahan-Bahan Ini Jika Kamu Tidak Mau Jerawatan
caption
Mungkin banyak dari kamu yang nggak terlalu aware dengan bahan-bahan yang digunakan pada makeup. Kebanyakan wanita memang sering membeli makeup asal-asalan tanpa memerhatikan ingredient list yang tertera pada kemasan. Padahal, bisa saja di dalam makeup itu terkandung bahan berbahaya yang bisa memicu permasalahan kulit seperti jerawat, or worse bisa memicu kanker. Serem banget kan Ladies? Untuk itu, Beautynesia kali ini ingin memberikan kamu edukasi mengenai daftar ingredient yang harus kamu hindari ketika membeli makeup jika kamu nggak mau jerawatan. Check it out!
Foto: https://www.jr-rsu.net/article/1605

1. Bismuth Oxychloride


Bismuth Oxychloride adalah zat synthetic pearl yang memberikan makeup tekstur yang sleek dan hasil akhir yang shimmery. Biasanya bahan Bismuth Oxychloride banyak ditemukan di dalam loose powder yang memiliki kandungan mineral yang tinggi dan memiliki hasil akhir glowy. Bahan ini sering digunakan karena teksturnya yang lebih dense dan bisa menempel di kulit dengan baik sehingga pengguna bisa mendapatkan coverage sempurna. Coverage dan teksturnya yang dense akan menutup pori-pori kulitmu sehingga berpotensi tinggi menimbulkan jerawat. Jadi, kamu perlu berhati-hati dengan bedak yang mengandung Bismuth Oxychloride atau bedak yang memberikan full coverage ya karena bisa menimbulkan breakout. 


4. Sodium Laureth Sulfate


Nah bahan selanjutnya yang bisa menimbulkan jerawat adalah Sodium Laureth Sulfate. Bahan ini sering ditemukan pada produk cleanser atau facial wash karena bekerja secara efektif sebagai cleansing/foaming agent. Jika kamu merasa wajahmu menjadi bersih dan bebas dari minyak setelah mencuci muka, sebenarnya natural agent pada produk tersebut merusak kadar minyak natural pada kulit sehingga memicu wajah untuk memproduksi lebih banyak minyak. Jadi untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, jangan terlalu sering membersihkan wajah dengan sabun karena bisa membuatnya lebih berminyak. So Ladies, watch out for this product. 


5. Lanolin


Bahan ini merupakan zat hasil ekstrasi bulu wool domba dan populer digunakan karena kemampuannya untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Karena merupakan produk hewani, Lanolin ini memiliki tekstur yang oily dan greasy sehingga bisa membuat kulitmu lebih berminyak dari sebelumnya. Kadar minyak yang berlebih yang terkena paparan bakteri dari kotoran tentunya bisa memicu timbulnya jerawat pada wajahmu.  Biasanya produk makeup yang menggunakan Lanolin di dalamnya adalah cream foundation. Jadi kamu harus ekstra hati-hati ketika memilih cream foundation ya. 



6. Octinoxate


Bahan aktif terakhir yang terdapat dalam list adalah Octinoxate. Bahan ini berfungsi sebagai pelindung sinar UV namun terbuat dari bahan yang sintetis. Banyak produk suncreen dan sunblock yang menggunakan bahan ini karena bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Namun selain di suncreen dan sunblock, Octinoxate juga sering ditemukan pada foundation yang mengandung SPF. So, you have to be more careful in choosing suncreen and sunblock. Kamu bisa memilih suncreen yang mengandung Titanium Dioxide dibanding Octinoxate karena terbuat dari bahan yang alami dan lebih aman untuk kulit. 


Beautynesian, itu dia 6 daftar bahan yang sering ditemukan dalam kosmetik yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Jika kamu memiliki tipe kulit berminyak dan sensitif, kamu mungkin harus put extra attention pada bahan-bahan yang terkandung dalam produk makeup mu. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Stay safe and stay beauty, Ladies!

 


Foto: https://www.jr-rsu.net/article/1605https://orogoldgiveaway.com/breakout-causes-and-treatment/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id