sign up SIGN UP

Ingin Makeup Tetap On Point Meski Beraktivitas Seharian? Ini Rahasianya!

Nadya Quamila | Senin, 01 Nov 2021 11:45 WIB
Ingin Makeup Tetap On Point Meski Beraktivitas Seharian? Ini Rahasianya!
caption
Jakarta -

Ketika menggunakan makeup, kita pasti menginginkan makeup yang selalu on point dan tahan lama meski setelah beraktivitas seharian. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkannya, lho! Apakah kamu termasuk salah satunya, Beauties?

Cukup merepotkan apabila kita harus selalu touch up atau memperbaiki makeup setiap beberapa jam sekali. Terlebih apabila kita memiliki segudang aktivitas.

Eits, jangan khawatir! Makeup tetap on point seharian walau dengan segudang aktivitas bukanlah hal yang tidak mungkin. Dihimpun dari berbagai sumber, yuk intip rahasianya di bawah ini!

Persiapkan Kulit

Hal wajib untuk mendapatkan makeup on point ialah mempersiapkan kulit wajah sebelum menggunakan makeup. Ada dua hal yang bisa dilakukan, yakni melakukan eksfoliasi dan hidrasi kulit.

Eksfoliasi akan membantu kulit wajah menjadi segar dan bersih. Hal ini juga membantu agar makeup tidak mudah luntur dengan cara mengangkat sisa sel-sel kulit mati.

Hidrasi atau melembabkan juga akan membuat kulit menjadi bersih, sehingga makeup akan lebih mudah diaplikasikan serta membantu menghindari garis-garis halus dan lipatan seiring menjalani aktivitas sehari-hari.

Aplikasikan Primer

3 Cara Mudah Reapply Sunscreen Saat Full Makeup/pexel.com/Sora ShimazakiIlustrasi primer/Foto:Pexels/Sora Shimazaki

Primer adalah jenis kosmetik pertama yang wajib digunakan apabila ingin makeup tetap on point sepanjang hari. Tidak hanya membantu mengunci serangkaian skincare yang telah digunakan, namun primer juga membuat kulit terlihat halus. Selain di daerah pipi, dahi, hidung, dan dagu, jangan lupa untuk mengaplikasikan primer di bagian kelopak mata agar eye shadow dapat bertahan lama.

Gunakan Foundation yang Tepat

Rekomendasi foundation lightweightFoundation yang tepat adalah kunci dari makeup on point/Foto: Freepik/technology

Kunci dari makeup on point dan tahan lama ada di tahap ini. Foundation yang berbahan dasar minyak akan membuat makeup menjadi mudah luntur. Solusinya, gunakan foundation matte karena cenderung lebih tahan lama. Jika kamu memiliki tipe wajah kering, pastikan kondisi kulit sudah lembab sebelum mengaplikasikan foundation berjenis oil free.

Kunci Makeup dengan Setting Spray

4 Rekomendasi Setting Spray Lokal Bikin Makeup Anti-Luntur/pexel.com/cottonbroIlustrasi setting spray/Foto: Pexels/cottonbro

Setelah serangkaian tahapan makeup selesai, jangan lupa untuk menggunakan setting spray untuk makeup yang on point dan tidak mudah luntur. Cukup gunakan beberapa semprot dan tunggu hingga mengering. Hindari menyentuh wajah dalam keadaan basah.

Hindari Menyentuh Wajah

Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan JerawatHindari kebiasaan menyentuh wajah agar makeup tidak luntur/Foto: Pinterest/wellandgood

Hal ini terlihat sepele namun ini adalah salah satu alasan makeup tidak bertahan lama. Ketika kita menyentuh wajah, tangan kita bisa merusak dan menghapus makeup. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari aktivitas-aktivitas kecil menyentuh wajah, contohnya seperti wajah bertumpu pada tangan, menggosok mata, menyentuh hidung, dan lainnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id