sign up SIGN UP

MAKE-UP

Ini yang Terjadi Jika Kosmetik Mengandung Paraben

Zuyina Hapsari | Jumat, 16 Sep 2016 10:00 WIB
Ini yang Terjadi Jika Kosmetik Mengandung Paraben
caption
Isu mengenai kandungan paraben dalam kosmetik sebagai penyebab kanker memang sudah lama beredar di masyarakat. Paraben dipandang sebagai kandungan berbahaya karena memiliki sifat yang mirip dengan hormon estrogen, dan disinyalir bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Benarkah begitu? Simak ulasan lebih jauh mengenai zat paraben berikut ini.

Kalau kita mencari tahu "zat berbahaya dalam kosmetik" dalam situs search engine, pasti paraben akan muncul. Masih banyak artikel yang menuliskan:

"Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara paraben dengan peningkatan resiko kanker payudara. Ditemukan konsentrasi paraben yang sangat tinggi yaitu 90% pada kasus kanker payudara yang diteliti."

Namun tidak ada salahnya kamu kenali terlebih dahulu zat paraben sebelum kamu mempercayai pernyataan tersebut.


Foto: https://deadseacreams.com/paraben_free_products

Apakah Paraben Itu?


Paraben adalah bahan pengawet yang banyak digunakan dalam produk-produk makeup, skincare, maupun bodycare. Bahkan beberapa obat-obatan juga ada yang mengandung paraben. Fungsinya untuk memperpanjang usia pemakaian produk dan menjaga supaya produk tidak mudah terkontaminasi jamur ataupun bakteri. Biasanya paraben muncul dengan nama methylparaben, isobutylparaben, ataupun propylparaben.


Foto: https://penjualanggurterbaik.blogspot.co.id/2016/02/bahan-bahaya-kanser.html

Singkat kata, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak mungkin meloloskan suatu produk untuk dijual di pasaran jika formulanya mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan nyawa. Produk-produk kosmetik ini harus diuji dan melewati serangkaian tes terlebih dahulu sebelum sampai ke tangan konsumen. Kalau kamu memutuskan untuk mengganti seluruh kosmetik dengan produk berbahan dasar natural, tentunya tidak apa-apa. Namun jangan sampai menelan bulat-bulat info yang didapat tanpa mencari tahu dulu faktanya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id