sign up SIGN UP

MAKE-UP

Istilah Ini Sering Dipakai Buat Review Foundation, Sudah Tahu?

Dyah Na | Senin, 03 Aug 2020 22:00 WIB
Istilah Ini Sering Dipakai Buat Review Foundation, Sudah Tahu?
caption

Untuk mengetahui kualitas sebuah foundation, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Namun terkadang, ada beberapa istilah yang mungkin terdengar asing buat kamu. Berikut ini adalah istilah yang biasa dipakai untuk emnggambarkan kualitas sebuah foundation. Dengan memahami istilah ini, proses memilih foundation pun akan lebih mudah. Pahami yuk, Ladies!


Coverage

Pemakaian foundation dengan beauty blenderIstilah pada Foundation/ Foto: Freepik.com

Saat membeli foundation, kamu harus paham betul coverage yang bisa dihasilkan oleh foundation tersebut. Coverage adalah istilah yang menggambarkan kemampuan foundation untuk menutupi kekurangan di wajah. Kekurangan tersebut mulai dari warna kulit yang tidak merata, bekas jerawat, kerutan halus, hingga warna gelap pada undereye. Ada tiga tingkatan yang biasa dipakai untuk menggambarkan coverage, yakni sheer, medium, dan full.


Patchy

Penggunaan foundation pada kulit kering biasanya menyebabkan patchy. Istilah ini berarti foundation yang dipakai terangkat karena kulit kering mengelupas. Pada wajah, patchy bisa terlihat saat makeup kita terlihat "bolong" di beberapa tempat. Untuk mengatasi patchy, kamu perlu mengaplikasikan skincare sebelum memakai makeup.



Cakey

Waspada Bila Ciri-Ciri Ini Muncul Pada Foundation, Bisa Jadi Udah Kadaluarsa!Istilah pada Foundation/ Foto: Freepik.com

Berbeda dengan patchy, cakey adalah kondisi ketika makeup tidak menempel dengan sempurna karena penggunaan foundation terlalu tebal atau pengaplikasian yang kurang maksimal. Untuk menghindari cakey, kamu harus meratakan foundation hingga benar-benar menyerap pada kulit sebelum akhirnya ditimpa menggunakan makeup lainnya. 


Oxidize

Istilah oxidize pasti juga sering kamu dengar untuk menggambarkan kemampuan foundation. Oxidize berarti proses berubahnya warna foundation menjadi lebih gelap karena pencampuran dengan minyak wajah dan udara. Nah, foundation yang oxidize artinya foundation tersebut berubah warna setelah digunakan beberapa jam. Hampir sebagian besar foundation mengalami oxidize. Hanya saja, foundation yang bagus seharusnya tidak mengalami perubahan warna yang banyak meskipun mengalami oxidize.


Creasing

Rekomendasi Foundation Lokal/Foundation Lokal Terbaik untuk Kulit Sawo Matang/Freepik.comIstilah pada Foundation/ Foto: Freepik.com

Lalu ada lagi istilah creasing. Creasing adalah kondisi makeup yang rusak karena wajah kamu memproduksi terlalu banyak minyak. Creasing juga bisa terjadi ketika kamu terlalu ekspresif. Akibatnya, foundation akan bergeser dan menyebabkan creasing di wajah kamu. 


Matte, Dewy, dan Satin Finish

Terakhir, ada istilah matte, dewy dan satin finish. Istilah ini menunjukkan hasil akhir yang akan dihasilkan oleh foundation yang kamu pakai. Foundation matte akan memberikan kesan halus tanpa minyak. Dewy sebaliknya, foundation kamu akan terlihat lebih basah karena kandungan minyak yang banyak. Sementara itu satin finish berada di antara matte dan dewy. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id