sign up SIGN UP

MAKE-UP

Makeup Cakey Bikin Enggak Percaya Diri? Coba Dulu Rahasia Ini Agar Hasil Riasan Paripurna

Sulistiani | Kamis, 30 Jan 2020 03:45 WIB
Makeup Cakey Bikin Enggak Percaya Diri? Coba Dulu Rahasia Ini Agar Hasil Riasan Paripurna
caption
Sudah tampil cantik, eh ternyata makeup cakey. Duh, pasti perasaan langsung drop dan ingin menghapus makeup. Biasanya hal ini terjadi karena formula makeup yang kurang tepat atau kondisi kulit yang kering atau terlalu berminyak. Untuk itu, kamu perlu tahu beberapa tips menghindari makeup cakey agar hasil riasan tetap paripurna. Simak di bawah ini ya!

Satukan dengan Setting Spray




Foto: Istimewa

Setting spray sangat berguna untuk menyatukan makeup. Saat kamu telah menyelesaikan semua tahapan makeup, seperti countur, bronzer, dan highlighter, namun wajah masih terlihat seperti donat ditaburi gula bubuk, maka saatnya untuk menyatukan semua itu di kulit. 

Setting spray tidak hanya akan mengunci makeup pada tempatnya, tetapi juga akan menghilangkan residu bubuk dan mengatur makeup di kulit untuk hasil akhir yang lebih alami. Jangan lupa dengan tahapan ini ya!


Blending Foundation




Foto: Istimewa

Mengaplikasikan foundation lebih dari sekadar asal mengoleskan pada wajah. Jika foundation masih terlihat seperti cakey setelah diaplikasikan pada wajah, itu artinya foundation belum menyatu. 

Gunakan sponge yang lembap untuk membasahi foundation. Pilihannya dapat menggunakan BB cream, atau pelembap lainnya yang diaplikasikan dengan lembut ke kulit berulang-ulang hingga bagian dasarnya telah terbentuk dan menyatu (ini memakan waktu sekitar tiga menit). Campuran dan pengaplikasian akan menghilangkan garis-garis kerutan dan memastikan setiap inci kulit  tertutup, tanpa terlihat cakey.


Crepe-y di Bawah Mata




Foto: Istimewa

Setelah kamu mengikuti seluruh langkah untuk mengatasi bagian T wajah namun ternyata concealer di bagian bawah mata terlihat crusty, crepe-y, dan chalky tentu ini sangat menyebalkan.

Cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menghidrasi kulit pada bagian tersebut. Gunakan semprotan wajah atau toner yang mengandung squalane (bahan emolien) untuk menghidrasi garis-garis halus pada bagian bawah mata dan melarutkan residu bubuk yang mengganggu.


Sponge Off




Foto: Istimewa

Terlalu banyak menggunakan foundation? Tenang tidak perlu panik. Cukup tekan dan gulung spons yang bersih dan lembap ke bagian wajah.

Selain itu, biasanya makeup bagian blush on, concealer atau finishing power terlihat terlalu berlebihan atau yang biasa disebut 'medok'. Ada cara tersendiri yang dapat membaurkan formula makeup pada kulit wajah agar terlihat alami. Ambil tisu dua lapis lalu bagi menjadi dua, bungkus di sekitar spons, dan tepuk lembut pada kulit wajah.


Akhiri dengan Face Oil




Foto: Istimewa

Apabila Ladies memiliki kulit yang kering maka akan lebih mudah terlihat 'pecah' atau cakey saat menggunakan makeup. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan face oil. 

Cukup tuangkan beberapa titik minyak wajah ke bagian belakang tangan tempelkan spons kecantikan ke dalamnya beberapa kali, kemudian dengan ringan, tempelkan di bagian wajah yang kering. Melalui trik ini, semua produk akan menyatu dengan kulit wajah.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id