sign up SIGN UP

MAKE-UP

Menjadi Sebuah Kontroversi, Ini Fakta Mengenai Mugshot Challenge

Astari Larasati | Senin, 13 Apr 2020 06:00 WIB
Menjadi Sebuah Kontroversi, Ini Fakta Mengenai Mugshot Challenge
caption
Jika membicarakan tentang dunia makeup, kamu akan merasa tertarik mengenai informasi terbaru. Seperti yang baru-baru ini sedang viral, yaitu mugshot challenge. Beberapa di antara kamu mungkin belum tahu, yuk simak fakta berikut ini.

Saat ini masyarakat sedang menerapkan kebijakan di rumah aja untuk mengurangi wabah virus corona. Akhirnya banyak orang memutuskan untuk bermain media sosial dengan membuat berbagai trend. Misalnya, until tomorrow hingga mughshot challenge yang menjadi kontroversi.
 


Mug shot challenge adalah kamu akan diberikan tantangan untuk makeup seolah kamu baru saja dipukuli. Wajah kamu akan terlihat bekas memar dan ada beberapa efek yang habis terkena pukulan. Seiring keviralannya, challenge ini menuai kontra dari berbagai lapisan masyarakat. Simak faktanya sebagai berikut.

 


Apa itu mugshot challenge?


Foto: Istimewa

Berawal dari awal bulan April lalu, mugshot challenge menjadi ramai dibicarakan oleh banyak beauty influencer. Akhirnya mereka membuat makeup look dari tantangan ini dengan merekam diri menggunakan makeup yang berantakan seperti maskara yang berantakan dan menyebar ke bawah mata seakan-akan habis menangis, lipstick yang berantakan serta lebam-lebam.
 



Arti mugshot sebenarnya


Foto: Istimewa

Mugshot yang sebenarnya adalah foto yang diambil polisi ketika seseorang ditangkap dan terlibat dalam kasus kriminalitas. Biasanya akan diambil saat pelaku dibawa ke kantor polisi. Pelaku akan membawa papan berisikan nama, tinggi, berat badan, dan informasi pribadi lainnya.
 


Menjadi viral karena beauty influencer


Foto: Istimewa

Challenge ini menjadi viral berkat beauty influencer di seluruh dunia ikut andil dalam melakukan makeup ini. Sayangnya, hal ini mendapatkan banyak respon negatif dari kalangan masyarakat. Contohnya, James Charles, ia dianggap kurang sensitif, enggak bertanggung jawab dan mengecilkan kekerasan dalam rumah tangga. Dari kalangan beauty influencer Indonesia ada Sarah Ayu dan Cindercella yang ikut berpatisipasi, namun postingan di media sosialnya sudah dihapus.
 


Dianggap melecehkan polisi


Foto: Istimewa

Banyak masyarakat yang merasa bahwa challenge ini dianggap melecehkan pihak kepolisian. Karena mereka yang melakukan mugshot challenge sebagai tahanan yang baru saja ditangkap. Hal itu ditunjukkan dengan beberapa pengguna yang menggunakan background seperti yang digunakan polisi ketika menangkap pelaku kriminal.
 


Dibandingkan dengan Billie Eilish


Foto: Istimewa

Enggak terima disalahkan oleh netizen, James Charles menuding Billie Eilish terlebih dulu melakukan challenge ini. Menurutnya Billie menampilkan darah dan luka di Music Video Bad Guy terlebih dahulu.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id