sign up SIGN UP

MAKE-UP

Perbedaan Tren Kecantikan Korea dan Jepang, Mulai dari Skincare Hingga Makeup

Fauziana Hilda | Kamis, 22 Aug 2019 10:30 WIB
Perbedaan Tren Kecantikan Korea dan Jepang, Mulai dari Skincare Hingga Makeup
caption
Beberapa tahun belakangan, produk kecantikan dari Korea dan Jepang menjadi favorit di kalangan wanita Asia, termasuk Indonesia. Namun, sebelum mencobanya apa kamu sudah tahu perbedaan dari produk yang dihadirkan kedua negara ini?

Kalau berbicara soal beauty, memang tidak akan pernah ada habisnya. Beragam tren kosmetik dan skincare ini marak beredar dipasaran. Tak ketinggalan dengan tren J-beauty dan K-beauty yang mulai ramai diperbincangkan para wanita. Walaupun sudah banyak brand kosmetik Western yang lebih dulu beredar, namun mereka tidak terlihat authentic.

Jepang dan Korea, kedua negara yang saling berdekatan ini memang menjadi kiblatnya wanita Asia untuk urusan kecantikan. Sama-sama memproduksi kosmetik terbaik yang dirancang memberikan kesan cantik yang alami untuk para wanita Asia. Walaupun terlihat mirip namun dalam urusan kecantikan, J-beauty dan K-beauty memiliki perbedaan lho. Yuk simak selengkapnya.

Ritual dan Budaya

source:https://www.instagram.com

Reputasi J-beauty memang telah lama berdiri dan telah sukses menarik banyak konsumen, untuk beberapa brand produk seperti, DHC, SK-II, dan Sekkisei yang akan membuat kulitmu cantik seperti wanita Jepang. Biasanya ritual perawatan kulit wanita tradisional Jepang mengharuskan penggunaan setidaknya 7 produk secara bersamaan yang diyakini sangat penting untuk menjaga efervensen pada kulit. Tujuannya adalah untuk membuat warna kulit menjadi lebih cerah yang dikenal sebagai "Bihaku" dalam bahasa Jepang.
 

source:https://www.instagram.com/tatcha/

Untuk mendapatkan kulit yang cerah ini membutuhkan permulaan rutin perawatan kecantikan seperti double cleansing, yang diikuti dengan essence, lotion, serum dan pelembap. Tak hanya itu, masker wajah dan facial juga merupakan bagian dari rutinitas perawatan kecantikan wanita Jepang.

Tetapi untuk produk kecantikan Jepang lebih mematuhi ritual tradisional, banyak inovasi produk mereka berasal dari formulasi yang telah diteliti secara ilmiah. Seperti SK-II, produk ini harus melalui beberapa tahap uji penelitian selama 10 tahun, agar dapat mendapatkan hasil produk yang baik untuk kulit.

source:https://id.pinterest.com/

Sekkisei dan SK-II sangat dikenal dengan produk lotionnya, seperti pada produk SK-II disebut "Miracle Water". Memberikan esensi dan masker perawatan wajah dari produk SK-II yang sukses menjadi produk perawatan kulit di seluruh dunia dan lebih dari 10 tahun dalam daftar buku terlaris, berkat formulasi Pitera dan kekuatan dari bintang iklannya. Produk ini juga didukung oleh P&G, merek yang memiliki sederet duta yang mengesankan.

source:https://www.instagram.com/sekkisei.official/

Karena layering adalah inti dari J-beauty, sebagian besar produknya memiliki tekstur yang sangat ringan yang akan menghasilkan kulit yang sangat terhidrasi. Setelah J-beauty sukses menarik hati para wanita Asia, kini K-beauty menyusul dengan cepat. Semenjak perkembangan K-pop dan K-drama produk kosmetik asal Korea Selatan ini mulai menarik perhatian semua wanita di dunia. Bahkan K-Beauty juga mempopulerkan 10 step skincare routine dalam merawat kulit wajah.

Roda Warna

Sama halnya dengan J-beauty, K-beauty juga memiliki produk-produk kosmetik yang inovatif dan juga melakukan perawatan kulit tradisional. Namun, yang membedakan K-beauty dengan J-beauty adalah pada kemasan dan juga beragam jenis produk yang diciptakan. Seperti produk cushion foundation, rubber mask (masker karet), masker oil dan serum.

source:https://id.pinterest.com/

Di tambah dengan kreasi kemasannya yang unik dan imut, juga para bintang Korea yang sukses menjadi bintang iklan kosmetik Korea membuat tren K-beauty semakin memuncak. Tak hanya di dukung oleh bintang Korea saja, merek kosmetik dari Korea Selatan juga selalu menciptakan tren baru, misalnya seperti tren the fade out lips, kelopak mata, dan bibir di warna peach.

source:https://www.instagram.com/3ce_official/

Seperti salah satunya HERA merupakan merek dari Amore Pasific, yang di bintangi oleh penyanyi Korea Selatan dari girl grup Blackpink Jennie. Membuat produk ini dibanjiri para pelanggan yang penasaran ingin mencoba produk terbarunya. Produk kosmetik ini adalah yang paling ditunggu-tunggu para pelanggan.

source:https://id.pinterest.com/

Sekilas memang Jepang dan Korea sama-sama menggunakan model yang baik untuk mempromosikan produk kecantikannya. Juga sama-sama dipuji karena ritual kecantikannya sebagai standar emas dalam kecantikan, namun ternyata keduanya juga memiliki perbedaan.

Karena kemunculan K-pop dan K-drama, K-beauty secara konsisten telah menjadi sorotan. Sudah banyak artis Korea Selatan yang sukses mempromosikan produk dari beragam merek kosmetik ternama. Seperti BTS yang menjual produk masker, Song Hye-Kyo yang menjadi bintang brand ambassador Sulwhasoo

Namun hal itu tidak membuat produk J-beauty kalah saing dipasaran. Melalui produk Shiseido yang telah meningkatkan permainannya melalui kemasannya yang diubah dan peningkatan yang dirasakan dalam penjualan produk-produk dari J-beauty. Produk kecantikan Jepang mulai mengalami peningkatan semenjak adanya konflik politik antara China dan Korea Selatan memburuk. Sehingga banyaknya konsumen yang berasa dari China beralih ke produk kecantikan Jepang. 

Produk Jepang dan Korea memiliki kesamaan, yang dimana keduanya di dasarkan pada tradisi dan berfokus pada anti penuaan. Jadi Ladies, perbedaan mereka ada pada preferensi konsumen yang menginginkan dalam penggunaan produknya. Nah, gimana Ladies sekarang sudah paham kan perbandingan produk J-beauty dan K-beauty. 

Jika kamu masih penasaran, mana yang lebih bagus untuk diikuti bisa intip artikel di sini ya!

 
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id