sign up SIGN UP

MAKE-UP

Primer Warna-Warni, Fungsinya Apa Sih?

Agatha Kharisma | Rabu, 20 Dec 2017 09:00 WIB
Primer Warna-Warni, Fungsinya Apa Sih?
caption
Kalau sebelumnya make up primer hanya hadir dalam warna putih atau bening, kini ada make up primer yang warna-warni seperti pelangi. Fungsinya pun bukan sekadar untuk membuat riasan tahan lama atau menyamarkan pori-pori saja, lho!


Kadang kala, foundation dan concealer kurang ampuh meratakan warna kulit atau menyamarkan lingkaran hitam. Pernah membayangkan, ada make up primer yang bisa menutupi kulit kemerahan atau kulit kusam, bahkan sebelum kamu memakai foundation dan concealer? Berkat color-correcting primer, hal itu bukan mustahil. Berbeda dengan foundation atau concealer yang warnanya sama dengan kulit, make up primer ini justru memanfaatkan warna yang berlawanan untuk menyamarkan warna kulit tidak rata. Manfaat ini akan mempermudah kerja foundation dan concealer dalam meratakan warna kulit.


Foto: https://www.cosmopolitan.com/


Dalam seni lukis, ada color theory yang dijadikan panduan saat mencampur warna. Ternyata, mencampur dua warna yang berlawanan dalam color wheel justru saling meniadakan. Misalnya, kamu punya kulit yang cenderung kemerahan. Karena warna yang berlawanan dari merah pada color theory adalah hijau, maka dengan memakai primer berwarna hijau, rona kemerahan pada kulit jadi lebih mudah ditutupi!
 


Foto: https://www.fashionlady.in


Tenang saja, setelah ditutup dengan foundation, primer warna-warni nggak akan membuat wajahmu kelihatan seperti lukisan, kok. Make up primer warna-warni nggak akan sepekat yang terlihat pada diagram. Ada tiga pasang warna yang sering dipakai dalam make up, yaitu:


        
  • Hijau untuk menyamarkan merah
  •     
  • Ungu untuk menyamarkan kuning
  •     
  • Oranye untuk menyamarkan biru
         

Foto: https://tommybeautypro.wordpress.com



Makeup Primer Warna Ungu atau Biru
Sesuai color wheel, warna ungu dipakai untuk menyamarkan rona kuning yang dapat menyebabkan kulit putih terlihat pucat. Hasilnya, kulit jadi nampak lebih cerah dan bersinar.
 


Foto: https://www.elfcosmetics.com/



Makeup Primer Warna Pink
Saat kulit nampak kusam, coba pakai primer warna pink untuk menambahkan efek cerah dan luminous.
 


Foto: https://www.wojooh.com/



Makeup Primer Warna Kuning
Memakai primer dengan sedikit rona kuning akan menghangatkan sekaligus meratakan warna kulit, sehingga menghapus tanda-tanda kelelahan.
 


Foto: https://www.nyxcosmetics.com



Makeup Primer Warna Peach
Untuk menyamarkan noda gelap pada wajah seperti spider veins, flek hitam dan mata panda, gunakan primer warna peach.
 


Foto: https://www.smashbox.com/



Makeup Primer Warna Hijau
Saat kulit sedang kemerahan atau berjerawat, menggunakan primer warna hijau dapat membantu menyamarkan rona kemerahan pada kulit.
 


Foto: https://www.sephora.com/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id